Beranda Berita Ruang Terbuka Hijau Dan Wisata Tematik Bermunculan, Perajin Lampion Garden Panen Pesanan

Ruang Terbuka Hijau Dan Wisata Tematik Bermunculan, Perajin Lampion Garden Panen Pesanan

39
0

Maraknya Ruang Terbuka Hijau, dan wisata tematik baru, dengan berbagai macam konsep yang unik serta eksklusif, baik yang di gagas oleh swasta ataupun pemerintah, membuat perajin lampion garden di Tulungagung, Jawa Timur, panen pesanan aneka macam lampion garden, untuk pelengkap hiasan taman. Meski baru menggeluti kerajinan lampion, namun perajin ini, sudah mendapatkan puluhan pesanan lampion garden dengan berbagai macam ukuran, dan bentuk.

Memanfaatkan halaman depan rumahnya, di Desa Gilang, Kecamatan Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur, yang di sulap menjadi bengkel seni, Kusgiantoro, mengerjakan seluruh pesanan lampion garden, yang di pesan oleh salah satu tempat wisata baru di tulungagung, sebagai pelengkap hiasan di sudut-sudut taman.

Mengandalkan ketrampilannya membuat Handycraft, Kusgiantoro dengan di bantu adiknya, dengan cekatan memotong-motong batangan besi cor dengan ukuran tertentu, untuk dijadikan rangka lampion garden. Meski menggunakan peralatan yang cukup sederhana, namun Kusgiantoro, tetap cermat memperhitungkan ukuran dan setiap bagian besi yang akan di bentuk menjadi kerangka.

Kecermatan membuat kerangka inilah, yang menentukan keserasian bentuk lampion garden, saat di pasang di sudut taman terbuka, sehingga dapat tercipta suasana yang anggun, dan indah. Setelah kerangka selasai di rangkai, dan dilakukan pengecatan, kerangka tersebut, di bungkus atau di tutup menggunakan aneka warna kain peles. Untuk menutup rangka ini, harus dikerjakan secara hati-hati, agar tidak tampak setiap sambungan kainnya.

Untuk menyelesaikan satu buah lampion garden, Kusgiantoro, minimal membutuhkan waktu lebih dari 1 hari, tergantung ukuran, bentuk, dan tingkat kerumitannya. Namun untuk bentuk seperti bunga tulip, 1 hari dapat menyelesaikan 2 hingga 3 buah, karena lebih mudah pengerjaannya, dan tidak terlalu banyak ornamen yang di rancang.

Meski pemesan masih sebatas di wilayah tulungagung saja, namun dari salah satu pengelola wisata baru di Tulungagung, telah memesan 80 unit lampion garden dengan berbagai macam ukuran, dan bentuk, untuk penghias taman. Untuk memesan lampion garden ini, kusgiantoro, mematok harga minimal 750 ribu hingga 15 juta rupiah per unit, tergantung ukuran, bentuk, serta tingkat kerumitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

43 + = 50