Beranda Berita Ribuan Warga Di Empat Dusun Di Desa Kalibatur Mengalami Krisis Air Bersih

Ribuan Warga Di Empat Dusun Di Desa Kalibatur Mengalami Krisis Air Bersih

29
0

Ribuan Warga Di Empat Dusun Di Desa Kalibatur Mengalami Krisis Air Bersih

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan , ribuan kepala keluarga di empat dusun di Tulungagung , Jawa Timur , mengalami krisis air bersih , karena sumur , dan sumber air , sudah tidak mengeluarkan air lagi , jika adapun hanya untuk keperluan mandi , dan cuci saja . Untuk mengatasi krisis air bersih tersebut , BPBD setempat , secara bergiliran mensuplai air bersih di empat dusun tersebut , meski di rasa warga kurang mencukupi .

Sekitar 3 ribu kepala keluarga di empat dusun di Desa Kalibatur , Kecamatan Kalidawir , Tulungagung , Jawa Timur , yakni Dusun Banaran , Krajan , Darungan , Dan Dusun Dawung , sejak dua bulan terakhir , telah mengalami krisis air bersih yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari . Krisis air bersih ini , karena sumur-sumur warga , dan sumber air telah mengering , jika adapun volumenya kecil , dan hanya digunakan untuk mandi serta cuci saja .

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan memasak , dan air minum , warga yang mampu , terpaksa harus beli 1 drum air bersih , berisi sekitar 200 liter seharga 10 ribu rupiah . Sedangkan untuk 1 drum hanya cukup untuk kebutuhan 2 hari saja , dan itupun di rasa warga masih kurang .

Untuk mengatasi krisis air bersih ini , BPBD Tulungagung , sejak beberpa minggu terakhir , telah mengirimkan bantuan air bersih secara bergiliran di empat dusun tersebut . Droping air bersih tersebut , di tampung di drum-drum besar berisi sekitar 200 liter , yang ditempatkan di tempat yang dapat di jangkau truk tangki pensuplai air , selanjutnya di ambil warga yang membutuhkan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =