Remaja Pelempar Kereta Api di Jalur Kereta Purwosari – Gawok Berhasil Diamankan

74

Yogyakarta – Video viral sekelompok remaja SMP dan SMA berlarian dikejar petugas keamanan kereta api karena melakukan pelemparan terhadap kereta api yang melintas.

Manajer Humas KAI Daop 6 Supriyanto menyampaikan, perbuatan iseng kerap kali melatar belakangi pelemparan kereta api. Namun akibatnya bisa fatal untuk penumpang serta petugas.

Para pelaku berhasil diamankan pada Rabu dan langsung dibina di hadapan orang tuanya. Total sebanyak 14 remaja SMP dan SMA dibina di Stasiun Purwosari Bersama Jajaran Polsek Laweyan, Kota Surakarta. Belasan remaja ini diminta berjanji untuk
tidak mengulangi perbuatan seperti itu lagi.

Supriyanto menegaskan, hukuman pidana atas aksi pelemparan terhadap kereta api telah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Mengenai kejahatan yang membahayakan keamanan umum bagi orang atau barang, dimana tertulis bahwa barang siapa dengan sengaja menimbulkan bahaya bagi lalu lintas umum yang digerakkan oleh tenaga uap atau kekuatan mesin lain di jalan kereta api atau trem, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun. (red)