Beranda Berita Ratusan Siswa Pendaftar Masuk SMP Terancam Tidak Di Terima Masuk Sekolah

Ratusan Siswa Pendaftar Masuk SMP Terancam Tidak Di Terima Masuk Sekolah

331
0

Ratusan Siswa Pendaftar Masuk SMP Terancam Tidak Di Terima Masuk Sekolah

Ratusan calon siswa baru tingkat SMP di Tulungagung, terancam tidak bisa bersaing dalam sistem zonasi, pada penerimaan peserta didik baru, PPDB, tahun ini. Hal ini, dikarenakan sistem koordinat geografi lokasi rumah yang diberikan oleh sekolah asal, banyak mengalami kekeliruan, akibatnya jarak rumah mereka menjadi lebih jauh dari SMP yang di pilih.

Sistem zonasi dalam PPDB tingkat SMP di Tulungagung, Jawa Timur, kembali mengalami kendala ,, ratusan calon siswa terancam tidak bisa bersaing dalam sistem zonasi ini, karena sistem koordinat geografi ataupun azimuth yang dikeluarkan oleh sekolah asal, tidak sesuai, dan banyak melenceng ke daerah lain

Seperti di SMP Negeri 3 Tulungagung, pihak sekolah banyak menemukan adanya kekeliruan sistem koordinat geografi ini, dan memanggil orang tua calon murid tersebut. Mereka di minta untuk meminta perbaikan koordinat geografi ke sekolah asal.

Kekeliruan dalam menulis sistem koordinat geografi, dalam surat keterangan dari sekolah asala , sebagai salah satu syarat utama pendaftaran sistem zonasi online.
Membuat lokasi rumah berada lebih jauh dari sekolah yang di pilih bahkan dari hasil pengecekan didapati, bahwa lokasi koordinat geografi tersebut, berada tepat di tengah laut selatan, seharusnya jaraknya hanya sekitar 1 koma 5 kilometer.

Menurut kepala SMP Negeri 3 Tulungagung, bahwa keliruan menulis sistem koordinat geografi, berakibat fatal terhadap calon siswa baru, dan terancam tidak lolos verifkasi sistem zonasi. karena kesalahahn menulis 1 derajat, akan menambah jarak 111 kilometer dari sekolah yang di tuju, sehingga untuk sementara waktu proses input zonasi dihentikan, untuk memperbaiki koordinat geografinya.

Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan Tulungagung, sudah mengintruksikan kepada seluruh sekolah dasar, untuk melakukan perbaikan sistem koordinat geografi ini. dinas sendiri sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi terkait penentuan sistem koordinat geografi tersebut, namun masih juga ditemukan kesalahan , yang bisa merugikan calon siswa baru.
Proses PPDB untuk tingkat SMP ini, berlangsung selama tiga hari, dan meskipun mengalami kendala, namun dinas pendidikan tidak akan memperpanjang masa pendaftaran PPDB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 2