Ratusan Peserta Ikuti Kontes Tanaman Bonsai Nasional

Ratusan Peserta Ikuti Kontes Tanaman Bonsai Nasional

Blitar – Bertempat di area parkir Makam Bungkarno Kota Blitar, ratusan penghobi dan kolektor tanamam bonsai dari berbagai daerah beradu dalam ajang kontes tingkat nasional. Tak kurang dari 800 tanaman bonsai saling berlomba melalui dua kelas kontes, yakni kelas prospek dan pemula.

Tanaman bonsai yang dilombakan umumnya berasal dari jenis tanamam berdaun kecil dan berumur panjang seperti pohon beringin, anting putri, kimeng dan juga sentigi.

Selain keserasian dan kematangan bentuk dan akar, penilain juga meliputi kesehatan daun dan juga batang pohon. Penilaian juga dinilai dari sisi penampilan dimana bonsai yang dinyatakan sebagai pemenang adalah tanaman yang tampil dengan kesan berumur paling tua.

Sementar menurut peserta, selain sebagai ajang kontes, keberadaan tanaman-tanaman bonsai yang cantik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung maupun penghobi dan kolektor untuk menambah wawasan dari tanaman kerdil tersebut.

Dengan digelarnya kontes kali ini ,selain sebagai ajang talisilaturahmi juga sekaligus untuk menyemarakan kembali semangat pencinta tamamam bonsai di seluruh wilayah Tanah Air.(sr)