Beranda Berita Ratusan Pelaku Seni Mahar Pernikahan Se-Jawa Timur Ikuti Pelatihan Dalam Acara Kopi...

Ratusan Pelaku Seni Mahar Pernikahan Se-Jawa Timur Ikuti Pelatihan Dalam Acara Kopi Darat

128
0

Ratusan pelaku seni pembuatan mahar pernikahan yang tergabung dalam seni mahar indonesia wilayah Jawa Timur menggelar pertemuan di Kota Kediri. Selain silaturahmi, pertamuan yang dikemas dalam bentuk kopi darat tersebut juga untuk updgrade ilmu melalui pelatihan pembuatan mahar berbentuk masjid dari bahan uang.

Dalam acara kopi darat wilayah Jawa Timur di Gedung Kelurahan Tamanan Kota Kediri ini, para peserta mendapat pelantihan pembuatan mahar pernikahan berbentuk masjid dan cungkupnya. Adapun bahan yang digunakan berasal dari uang logam dan kertas mainan yang dibimbing oleh para tutor.

Ardian, salah satu pelaku seni sekaligus pengusaha mahar Kediri mengaku, pada pertemuan kopi darat kedua ini diikuti lebih dari 150 pelaku seni mahar Se Provinsi Jawa Timur. Mereka bersyukur karena selain bisa bertatap muka dengan pelaku seni dari  berbagai daerah, juga mendapat tambahan ilmu serta tukar menukar pengalaman dalam membuat mahar pernikahan.

Mohammad Yanu Aditya, ketua Seni Mahar Indonesia mengaku, kesenian ini sudah ada sejak lama, namun baru mendeklarasikan diri pada  tahun 2017 lalu dengan wadah SMI. Kopi darat tahun kedua ini mempertemukan para pemahar yang selama ini lebih cenderung berkomunikasi melalui grup jejaring sosial facebook dengan anggota mencapai 3 ribu 500 orang.

Selain pelatihan, dalam acara kopdar ini juga digelar jual-beli bahan mahar dengan harga jauh lebih murah dibanding harga toko. Adapun standar harga mahar hasil karya para pemahar sendiri biasanya dijual dengan harga paling murah 350 ribu yang mencakup jasa dan frame serta aksesoris di dalamnya. Mereka berharap pemerintah memfasilitasi melalui pemberian pelantikan, bantuan permodalan serta ikut membantu dalam memasarkan produk mahar yang dihasilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

55 + = 57