Beranda Berita Ratusan Orang Warga Jawa Timur Yang Menjadi Pengungsi Kerusuhan Wamena – Papua...

Ratusan Orang Warga Jawa Timur Yang Menjadi Pengungsi Kerusuhan Wamena – Papua Tiba Di Malang

83
0

Ratusan Orang Warga Jawa Timur Yang Menjadi Pengungsi Kerusuhan Wamena – Papua Tiba Di Malang

Ratusan orang warga Jawa Timur yang menjadi pengungsi kerusuhan Wamena – Papua , akhirnya tiba di Malang Jawa Timur . Mereka tiba di Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh Malang , degan menumpang Pesawat Hercules milik Angkatan Udara , sebelum nantinya diantarkan ke daerah asal masing-masing .

Pesawat angkut serbaguna , Hercules C-130 milik Angkatan Udara ini , mendarat di Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh Malang , sekitar pukul 2 lebih 40 menit . Sebelum mendarat di Malang , Hercules ini menjalani penerbangan panjang dari sentani , dan sempat transit di Biak – Papua .

Pesawat dengan nomor Ekor A-1-3-0-5 ini , mengangkut 120 orang warga Jawa Timur , yang menjadi pengungsi kerusuhan Kota Wamena , Papua . Jumlah tersebut , terdiri dari 105 orang dewasa , dan 15 orang anak-anak serta balita . 1 orang diantaranya , terpaksa dibawa menggunakan kursi roda karena alasan sakit yang diderita .

Widodo , salah seorang pengungsi asal Blitar mengaku , berhasil menyelamatkan diri dari kerusuhan di Wamena , setelah diselamatkan seorang pendatang di Kota Biak . Salah seorang putranya , sempat akan dibakar massa . Atas kuasa Tuhan , seluruh anggota keluarganya yang berjumlah 9 orang , berhasil menyelamatkan diri .

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, seluruh pengungsi ini nantinya bakal diantarkan ke daerah asalnya masing-masing . Hanya saja , faktor keterbatasan jumlah kursi penumpang di pesawat Hercules , masih menjadi kendala utama , percepatan pengangkutan para pengungsi ke Pulau Jawa .

Khofifah memastikan , pihaknya melalui Dinas Sosial , bakal meakukan koordinasi dengan pihak terkait , demi kelancaran dan segrenay pemulangan para pengungsi ke daerah asal , khususnya mereka yang memliki keluarga di Provinsi Jawa Timur .

Hingga kini , Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan TNI Angkatan Udara , masih melakukan pendataan terkait proses pemulangan para pengungsi , memanfaatkan Pesawat Angkut Hercules , dari Wamena Papua Ke Malang – Jawa Timur .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 77 = 79