Beranda Berita Ratusan Orang Tua Dan Siswa Berdesakan Antre Pendaftaran Masuk Smp Favorit

Ratusan Orang Tua Dan Siswa Berdesakan Antre Pendaftaran Masuk Smp Favorit

64
0

Ratusan Orang Tua Dan Siswa Berdesakan Antre Pendaftaran Masuk Smp Favorit

Ratusan orang tua dan Sekolah Dasar Di Tulungagung, Jawa Timur. sejak pagi, berdesakan antre mendaftar masuk disebuah S-M-P Favorit, dalam penerimaan peserta didik baru, P-P-D-B, tingkat S-M-P sederajat. Minimnya sosialisasi mengenai jalur zoansi yang dilakukan oleh pihak sekolah, membuat sejumlah calon wali murid kebingungan, dan menyebabkan antrian membludak.

Inilah suasana hari pertama penerimaan peserta didik baru, P-P-D-B, Di S-M-P Negeri 1 Tulungagung, Jawa Timur. yang merupaksan salah satu S-M-P Favorit. Ratusan calon wali murid, ikut mengantarkan anaknya mendaftar di sekolah ini. Bahkan para orang tua, harus rela datang di S-M-P ini, sejak pagi hari, untuk antre nomor formulir pendaftaran.

Membludaknya siswa sekolah dasar yang mendaftarkan ke S-M-P Negeri 1 Tulungagung ini, karena sekolah yang berada di tengah-tengah kota ini, masih di pandang sebagai sekolah favorit, pada hal pemerintah telah melakukan upaya pemerataan mutu sekolah dengan jalur zonasi. Sehingga total bangku yang disediakan hanya 352 atau 11 kelas, pada hal di hari pertama telah mendaftar 500 siswa, dan pedaftaran berlasung 3 hari.

Selain jalur zonasi, terdapat 2 jalur yang digunakan dalam P-P-D-B tahun ini, yakni jalur prestasi, dan mutasi. Sedangkan untuk dua jalur, yakni prestasi dan mutasi sudah di tutup, beberapa waktu lain.

Minimnya sosialisasi terkait proses pendaftaran ini, membuat calon wali murid kebingungan. Awalnya mereka mendapatkan nomor antrian yang dibagikan, namun ternyata antrian tersebut hanya untuk mengambil formulir pendaftaran, dan mereka harus antri lagi untuk memverifikasi berkas pendaftaran tersebut, sehingga kondisi ini, menyebabkan antrean membludak.

Sementara itu, menurut salah seorang calon siswa S-M-P, adanya jalur zonasi ini, merasa diuntungkan, karena rumahnya hanya berjarak 1 koma 5 kilometer dari sekolah yang dikehendaki, meski harus bersaing dengan calon siswa lainnya.

Di S-M-P Negeri 1 Tulungagung ini, sesuai aturan kuota siswa dari jalur prestasi dan mutasi dibatasi 10 persen dari total pagu, sedangkan sisanya sebanyak 90 persen akan di isi dari jalur zonasi. Dalam jalur zonasi ini, siswa yang jarak antara rumah dan sekolah lebih dekat, akan diuntungkan, meskipun nilainya di bawah rata-rata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

63 + = 67