Beranda Berita Ratusan Nelayan Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Gelar Ritual Roka Tasek

Ratusan Nelayan Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Gelar Ritual Roka Tasek

46
0

Ratusan Nelayan Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Gelar Ritual Roka Tasek

Berharap hasil tangkapan ikan melimpah, ratusan nelayan di Desa, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo gelar ritual “Roka Tasek ” di Pantai Dringu.

Ritual dengan membawa 9 sesajen berupa tumpeng itu, diarak oleh warga sejauh 1 kilometer. Bahkan, di depan tumpeng terdapat para penari gadis serta sinden dan Reog Ponorogo berikut gamelannya. Ditambah dua payung bali yang di bawa oleh nelayan setempat.

Selanjutnya, 9 sesajen itu diletakan di Pantai Dringu serta dibacakan doa oleh tokoh masyakarat dringu. Sembilan sesajen yang sudah melewati 3 janur kuning tersebut, tidak di buang atau dilarung ke tengah laut, akan tetapi dimakan bersama oleh para nelayan.

Setelah itu, tokoh masyakarat tersebut menaburkan bunga 7 rupa di pinggir pantai sambil di ikuti oleh tarian dari para gadis dan sinden.

Tokoh masyakarat Dringu Samse’ menyatakan, kalau ritual di pinggir laut tersebut berharap rejeki para nelayan melimpah. Sebab, sejak beberapa bulan terakhir ini tangkapan ikan para nelayan dringu menurun drastis.

Kalau doa bersama di pinggir pantai tersebut untuk memakmurkan budaya nusantara. Karena, doa dipinggir laut ini sebenernya dari nenek moyang, sehingga perlu di lestarikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 1 =