fbpx
Connect with us

Blitar

Ratusan Hektare Tanaman Padi di Blitar Diserang Hama Tikus

Diterbitkan

pada

Blitar- Ditengah siaga penyebaran virus corona, ratusan hektare tanaman padi di Kabupaten Blitar mulai diserang oleh hama tikus. Berdasarkan monitoring petugas, fenomena ini terjadi hampir merata di seluruh Kecamatan Kabupaten Blitar.

“Hampir 22 Kecamatan di Kabupaten Blitar di serang oleh tikus, kemarin kita mendapat laporan dari petugas masing – masing wilayah”. kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Nuryono Darul Yuhanda

Ia membenarkan jika ada serangan hama tikus di sejumlah area persawahan petani. Menurutnya, hasil laporan masuk kurang lebih ada 500 hektare lahan pertanian disambangi oleh hama tikus.

“Sementara waktu sesuai laporan masuk, kurang lebih ada 500 hektare yang dirusak oleh hama tikus, pihaknya belum bisa memprediksi kapan musibah itu berakhir”. Imbuhnya

Nuryono menyebut salah satu faktor yang mempengaruhi adalah saat ini sedang memasuki musim peralihan antara musim penghujan ke musim kemarau banyak makanan hewan liar berkurang. Sehingga secara leluasa hama tikus membabi buta tanaman para petani.

“Bukan hanya komoditas padi yang dijadikan korban, tanaman jagung pun juga disambangi oleh hama tikus”. Tambahnya

Nuryono menambahkan menyikapi permasalahan tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan terus melakukan koordinasi dengan para petani supaya segera bertindak. Namun diperingatkan agar tidak menggunakan cara – cara yang membahayakan keselamatan.(sk)

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Temukan Kami di Facebook

Radio MDSFM

Madu TV Channel

URL yang sah tidak diberikan.

Linked Media

%d blogger menyukai ini: