Puncak Peringatan Haul Bung Karno, Pemkot Blitar Gelar Acara Bumi Bung Karno Bersholawat

Blitar – Puncak peringatan Haul Bung Karno, ribuan warga Blitar mengikuti Bumi Bung Karno Bershalawat bersama Habib Ja’far Bin Ustman Al Jufri di City Walk Makam Bung Karno, Kota Blitar, Senin (20/6/2022) malam.

Acara itu diselenggarakan oleh pihak Pemkot Blitar dalam rangka memperingati Haul ke-52 Presiden Pertama RI, Ir Soekarno atau Bung Karno.

Kegiatan Bumi Bung Karno Bershalawat dibuka langsung oleh Wali Kota Blitar, Santoso dan dihadiri oleh seluruh jajarn Forpimda bersama warga masyarakat Kota Blitar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan acara Bumi Bung Karno bersholawat sangat luar biasa. Antusias masyarakat mengikuti kegiatan shalawat sangat tinggi.

“Sudah dua tahun lebih kita tidak mengadakan kegiatan karena pandemi Covid-19. Ini sungguh sangat luar biasa. Tidak hanya dari Kota blitar tapi seluruh dunia. Alhamdulillah Kota Blitar dapat ridho Allah SWT dan kondisi Covid-19 melandai,” katanya.

Dikatakannya, sejak pandemi Covid-19 melanda selama dua tahun, Kota Blitar baru saat ini kembali menyelenggarakan perayaan Haul Bung Karno yang sangat meriah.

“Kami sudah dua tahun tidak melaksanakan kegiatan di Haul Bung Karno. Masyarakat di sekitar Makam Bung Karno juga resah karena selama dua tahun dagangannya tidak ada yang membeli dampak pandemi,” ujarnya.

Tapi, kata Santoso, sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kondisi Covid membaik, Kota Blitar bisa bangkit kembali.

Kota Blitar mulai melaksanakan kegiatan yang diawali dengan Bulan Bung Karno. Semua kegiatan berjalan sukses termasuk Bazar Blitar Djadoel.

“Malam hari ini mari bersama-sama melantukan shalawat di Bumi Bung Karno. Insyaallah Kota Blitar selalu dilindungi Allah SWT,” katanya.

Santoso juga meminta masyarakat tetap menjaga api perjuangan Bung Karno. Ia berharap semangat perjuangan Bung Karno selalu ada di hati masyarakat.

Seperti diketahui, rangkaian acara Haul Bung Karno dimulai dengan semaan Alquran pada pukul 05.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan doa lintas agama mulia pukul 09.00 WIB. Selesai doa lintas agama dilaksanakan manaqiban.

Sore harinya diadakan pembacaan yasin dan tahlil di rumah masa kecil Bung Karno, Istana Gebang.

Selepas magrib dilaksanakan selamatan di City Walk Makam Bung Karno. Selamatan diikuti oleh para pelaku wisata di kawasan Makam Bung Karno.

Selesai selamatan, dilanjutkan acara salawatan di City Walk Makam Bung Karno. Acara salawatan akan dihadiri Wali Kota Blitar, Santoso, pejabat formpida, dan juga seluruh warga masyarakat. (sk)