Cegah Paparan Covid-19, Puluhan Tahanan Polres Blitar Kota Jalani Swab Tes Antigen

127

Blitar – Dalam Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, sebanyak 52 tahanan di Mapolres Blitar Kota menjalani pemeriksaan swab test antigen, Rabu (14/7/2021). Satu persatu penghuni di bawa keluar dari ruang tahanan. Mereka kemudian langsung petugas kesehatan periksa di ruang terbuka. Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, melalui Kasubag Humas Polres Blitar Kota, Iptu Ahmad Rochan, mengatakan, hal ini guna mencegah timbulnya paparan Covid-19. Bahkan, hingga menyebabkan munculnya klaster di rumah tahanan.

“Ada 52 tahanan di rumah tahanan Mapolres Blitar Kota yang menjalani pemeriksaan swab test antigen. Ini kami lakukan sebagai langkah antisipasi terhadap bahaya paparan Covid-19 di lingkungan Polres Blitar Kota. Utamanya di dalam tahanan,” terang Rochan.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan swab test antigen kepada 52 tahanan, hasilnnya semua non reaktif. Meski begitu, rencananya swab test antigen ini akan pihak polres laksanakan secara berkala dan rutin. Terutama setiap ada tahanan baru yang akan masuk. “Ini secara rutin. Utamanya jika ada penghuni baru, untuk memastikan bahwa tahanan baru tidak membawa virus dari luar,” tegasnya. Dia menjelaskan, selain pemeriksaan swab test antigen, pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan desinfektan di ruang tahanan. Selain itu, selama pandemi Covid-19 seluruh tahanan dilarang menerima kunjungan. Sehingga, tidak ada interaksi dari luar yang berpotensi mengakibatkan penularan Covid-19. (sk)