Connect with us

Jawa Timur

Probolinggo – Peternak Telur Ayam Menjerit Harga Telur Turun

Diterbitkan

pada

Probolinggo – Pandemi Covid-19 dan harga pakan naik berimbas pada peternak ayam petelur ayam di Probolinggo, Jawa Timur. Harga telur ayam turun berkisar 15.500 di Kandangan, membuat para peternak menjerit dan terpuruk. Hal tersebut lantaran merugi dan tidak balik modal.

Kandang ayam petelur milik Haji Suhartono Farm, terletak di Desa Widoro, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo tak seperti biasanya. Seperti pada masa normal. Harga telur mengalami penurunan harga, turunnya harga telur sudah berjalan hampir 2 bulan. Hal ini membuat para peternak telur kandangan menjerit.

Saat ini, harga telur ayam di kandangan mencapai 15.500 ribu rupiah, sedangkan, untuk tingkat pengecer menjual dengan harga 17 ribu rupiah. Biasanya kalau normal harga berkisar 20 ribu ke atas. Namun, justru malah turun, ini membuat peternak ayam bisa gulung tikar.

Untuk biaya pakan ternak ayam petelurnya membutuhkan modal yang cukup besar. Karena harga pakan ayam seperti, jagung, katul dan kosentrat naik. Sehingga, lebih banyak biaya pakan daripada keuntungan yang di dapatkan.

Suhartono, menyebutkan, sebelum harga telur turun, penghasilan dari telur ayam  bisa untuk membayar karyawanya, namun, kali ini untuk biaya pakan saja tak mencukupi, dirinya, harus mencari pinjaman modal untuk mencukupi pakan ternak ayam petelurnya.

Biasanya ia menjual telur sampai ke luar kota, namun, karena masa pandemi Covid 19, juga berimbas pada usahanya ia hanya melayani pembeli di kandangnya. Meski, merugi ia tetap meneruskan usahanya.

Tak hanya dirinya yang mengalami kerugian, hampir peternak kandangan skala menengah kecil mengalami kerugian dan terpuruk adanya telur ayam turun saat ini, harapanya, supaya pemerintah bisa mensubsidi pakan ternak terutama bagi peternak di Kabupaten Probolinggo, sehingga, usahanya bisa normal kembali dan harga telur ayam kembali normal di atas  harga 20 ribu rupiah. (as)

Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Malang Lahirkan 2000 Petani Milenial

Diterbitkan

pada

Jatim – Kabupaten Malang menjadi salah satu dari 4 kabupaten di Jawa Timur yang menerima program pemerintah YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services). Targetnya hadir 2000 petani milenial dari Kota Apel ini.

Program YESS menjadi bagian upaya pemerintah melalui Kementrian Pertanian bekerjasama dengan IFAD (International Fund for Agricultural Development). Tim tersebut mempunyai cita-cita untuk menciptakan wirausahawan muda yang milennial tangguh, mandiri dan berkualitas. Awal Oktober 2021 ini, pekik semangat dan kiprah petani milenial mulai terasa di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Program YESS di kabupaten Malang ini berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) beserta dinas terkait untuk dapat menyukseskan harapan mulia ini.

Komando oleh Dr Budiar M.Si selaku kepala dinas, maka sudah siap beberapa trainer untuk melatih generasi muda ini. Trainer trainer ini berasal dari lembaga yang berkompeten. Mereke memberikan materi materi.

Adapun jumlah petani muda yang terlatih pada tahun 2021 ini khusus di Kabupaten Malang hampir berjumlah 2000 orang. Terbagi dalam beberapa tahap kegiatan program. Program ini mempunyai jadwal yang tersusun dengan baik. Tiap jadwal mempunyai modul materi yang tersampaikan agar generasi muda mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang wirausahawan muda. Nantinya sebagai job creator dan job seeker baik untuk pribadi ataupun untuk orang lain.

15 BDSP terdiri dari BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), BLK (Balai Latihan Kerja), PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu). Kemudian lembaga pelatihan lainnya yang dinas atau instansi miliki terkait lainnya.

PLUT kabupaten Malang sendiri yang dipimpin Fakhrudin Ali Ahmad terpilih menjadi lokasi. Hal tersebut karena PLUT sendiri merupakan sentra UMKM yang mempunyai 5 unit kegiatan yang bersentuhan langsung dengan UMKM yang ada di kabupaten Malang. (jal)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: