PROBOLINGGO – Petani Tembakau Ngamuk  Tanaman Tembakau Ditebang Dan Dibakar

967

PROBOLINGGO – Petani Tembakau Ngamuk  Tanaman Tembakau Ditebang Dan Dibakar

Akibat gudang tembakau tutup dan tak mau membeli, puluhan petani terpaksa menebang tanaman tembakau siap panen, di Probolinggo, Jawa Timur. Tidak hanya itu, karena merugi hingga puluhan juta rupiah, petani juga nekat membakar hasil tembakau rajangan.

Puluhan petani tembakau tiba-tiba mengamuk, lahan  tanaman tembakau siap panen terpaksa ditebang secara dini, di Desa Petunjungan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Aksi spontan ini dilakukan, karena petani merugi hingga puluhan juta rupiah. Sebab, disaat panen raya tiba, ternyata pihak gudang tembakau masih tutup atau belum ada upaya membeli hasil tembakau milik petani.

Akibat tak laku dijual, petani juga nekat membakar hasil tembakau rajangan. Petani kecewa kepada pihak terkait pemerintahan setempat, karena tidak ada solusi pemasaran hasil panen tembakau tahun ini.

Ironisnya, aksi monopoli jual beli tembakau secara sembunyi-sembunyi dilakukan oleh pihak pengepul, untuk mencari keuntungan yang lebih besar. Bahkan, diduga mereka juga menampung tembakau dari luar kota seperti Madura dan Bojonegoro, sehingga petani tembakau setempat mengeluh dan cemas.

Berharap, pihak gudang tembakau segera dibuka, untuk membeli hasil panen tembakau warga di enam kecamatan. Dengan harga normal yakni 35 ribu rupiah perkilogram, jangan lagi petani tembakau dijadikan tumbal.