Presidency Session On Protecting Nature For Climate, Lives, And Livelihoods, WCAS Cop28

38
Hapus term: Presiden Jokowi dalam sesi kepresidenan "Presidency Session on Protecting Nature for Climate Presiden Jokowi dalam sesi kepresidenan "Presidency Session on Protecting Nature for Climate

Dubai – Pada sesi kepemimpinan COP28 di Dubai, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyoroti langkah-langkah sistematis dan inovatif yang diambil oleh Indonesia untuk mencapai net carbon sink di sektor kehutanan dan lahan pada tahun 2030. Dalam pidatonya, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia telah berhasil menggabungkan pertimbangan ekonomi dan sosial, sekaligus menjalin kerja sama erat dengan masyarakat dalam pengelolaan hutan secara berkelanjutan.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Presiden Jokowi dalam sesi kepresidenan bertajuk “Presidency Session on Protecting Nature for Climate, Lives, and Livelihoods” di World Climate Action Summit (WCAS) COP28, yang berlangsung di Al Waha Theatre, Expo City Dubai, Uni Emirat Arab pada Sabtu (02/12/2023).

Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk menjadi negara yang berkontribusi secara nyata dalam melindungi lingkungan hidup dan menghadapi perubahan iklim global. Langkah-langkah konkret yang diambil, seperti peningkatan upaya penyerapan karbon bersih, menjadi bukti nyata dari upaya Indonesia dalam mengatasi tantangan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Mansury. Keberadaan para pejabat tersebut menunjukkan komitmen penuh pemerintah Indonesia dalam mendukung dan melaksanakan kebijakan perlindungan lingkungan secara holistik.

Pidato Presiden Jokowi tersebut mencerminkan upaya serius Indonesia dalam mendukung agenda global untuk melindungi alam demi iklim, kehidupan, dan mata pencaharian. Dengan langkah-langkah inovatifnya, Indonesia berusaha menjadi pelaku utama dalam menjaga keseimbangan ekosistem global untuk generasi mendatang.