Presiden Jokowi Panen Raya Padi di Desa Ciasem, Subang

112

Subang, Jawa Barat – Presiden Joko Widodo dengan penuh semangat turut serta dalam acara Panen Raya Padi di Desa Ciasem Girang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, pada hari Minggu pagi, 8 Oktober 2023. Kehadiran beliau dalam peristiwa ini memberikan pesan kuat tentang pentingnya ketahanan pangan bagi bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Kepala Badan Pangan Nasional sekaligus Pelaksana Tugas Menteri Pertanian, Arief Prasetyo Adi. Turut hadir juga PJ. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, serta Bupati Subang, Ruhimat.

Panen Raya Padi ini menjadi momen penting untuk merayakan hasil kerja keras petani Indonesia. Dalam keterangannya setelah panen, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya bahwa panen semester kedua tahun ini, yang akan dilaksanakan di beberapa daerah, akan dapat meningkatkan pasokan cadangan beras nasional.

“Meski demikian,” ujar Presiden, “kita harus mengakui bahwa hasil panen raya ini masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan beras nasional kita.” Oleh karena itu, diperlukan penambahan stok cadangan beras nasional hingga mencapai 1,5 juta ton hingga akhir tahun 2023.

Presiden juga menjelaskan bahwa penurunan produksi beras nasional disebabkan oleh kekeringan yang diakibatkan oleh fenomena El Nino. Meskipun tantangan ini besar, Presiden Jokowi tetap optimis bahwa dengan kerja keras bersama, Indonesia dapat mengatasi permasalahan ini.

Terkait dengan harga beras, Presiden Jokowi menyoroti pentingnya pasokan yang cukup agar dapat diarahkan ke pasar agar bisa menurunkan harga. Ini merupakan langkah yang penting untuk menjaga daya beli masyarakat dan menjaga inflasi tetap terkendali.

Kehadiran Presiden Jokowi dalam acara Panen Raya Padi di Desa Ciasem Girang menjadi bukti komitmennya dalam memastikan ketahanan pangan Indonesia. Seluruh rangkaian kegiatan ini adalah upaya nyata untuk menghadapi tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian, dan menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara pemerintah, petani, dan semua pemangku kepentingan dalam memastikan ketersediaan beras yang cukup bagi seluruh rakyat Indonesia.

Presiden Jokowi dan para pemangku kepentingan berharap bahwa melalui kerja keras bersama, Indonesia dapat mengatasi tantangan dalam sektor pertanian dan mewujudkan ketahanan pangan yang kokoh untuk masa depan yang lebih cerah.