Beranda Ragam Pendidikan Pondok pesantren gratis demi kurangi angka putus sekolah

Pondok pesantren gratis demi kurangi angka putus sekolah

267
0

Pondok Pesantren Habibillah Al Karomah atau lebih dikenal Al-Haq, yang berada di kampung Ciketa, Kabupaten Sukabumi, menggratiskan seluruh biaya bagi santrinya hingga lulus sekolah. Langkah itu ditempuh untuk mengurangi angka anak putus sekolah di Pelosok Sukabumi.
Ponpes yang berada di Jalan Cibarengkok, Rt04/02/Kampung Ciketa, Desa Gunung Bentang, Kecamatan Sagaranten ini, lokasinya berada di pelosok kabupaten sukabumi, bahkan jarak dari pusat Kota Sukabumi mencapai 60 km lebih. Berbeda dengan ponpes modern lainnya, saat ini ponpes tersebut memiliki 251 santri dan santriwati yang mayoritas berasal dari kalangan warga miskin.
Mayoritas dari santrinyamondok atau tinggal di ponpes ini tanpa dipungut biaya sedikitpun, bahkan pihak ponpes memberikan makan tiga kali sehari secara gratis.
Meskipun metode pendidikannya sama seperti di ponpes lainnya, selain pendidikan reguler, juga pelatihan baca kitab kuning, serta berbagai aktivitas khas pesantren.
Ponpes yang didirikan sejak 1995 ini, hanya mewajibkan santrinya untuk belajar dan mentaati aturan, dan tidak memikirkan biaya.
Pimpinan Ponpes Al-Haq Sukabumi, KH Abdullah, mengatakan, ia sengaja mendirikan ponpes karena ingin membantu warga tidak mampu yang terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan, serta ingin menguatkan ukhuwah islamiah.
Salah seorang santriwati, nurhayati, yang duduk di tingkat madrasah aliyah, mengatakan, dirinya merasa senang dan nyaman tinggal di ponpes ini, apalagi seluruh kegiatannya diberikan gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

37 − 36 =