Beranda Berita Polres Blitar Kota Gelar Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana

Polres Blitar Kota Gelar Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana

70
0

BLITAR MADUTV – Memasuki musim penghujan ,Polres Blitar Kota menggelar Apel Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana ,Kamis (12/12/2019). Bencana banjir dan angin puting beliung tetap perlu diwaspadai di wilayah Blitar saat musim hujan.Polres Blitar kota menyiagakan sebanyak 250 pasukan gabungan dari Polri, TNI, BPBD, dan relawan dalam menghadapi musim hujan.

Sejumlah peralatan untuk penanggulangan bencana juga sudah disiapkan ,seperti perahu karet ,alat selam beserta alat keselamatan lainya .
“Intinya, kami siap melakukan penanggulangan saat terjadi bencana di wilayah Blitar. Saat ini musim pancaroba, rawan terjadi bencana, terutama banjir dan angin puting beliung ,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela usai apel pasukan penanggulangan bencana.
Leonard mengatakan potensi terjadi bencana alam cukup tinggi saat musim pancaroba. Di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Jatim sudah terjadi bencana banjir dan angin puting beliung.
“Apel Kesiap Siagaan kali ini sebagai bentuk antisipasi kami dalam menghadapi bencana di wilayah Blitar. Sejumlah peralatan seperti , perahu karet, kendaraan ,alat selam dan alat-alat manual juga sudah siap,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk wilayah Blitar, yang perlu diwaspadai adalah peristiwa bencana angin puting beliung dan banjir.
“Awal musim penghujan seperti saat ini , yang perlu diwaspadai angin puting beliung dan banjir,” katanya.

Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan sudah memetakan wilayah rawan bencana di Kota Blitar. Untuk wilayah Kota Blitar, yang perlu diwaspadai bencana angin puting beliung dan banjir .

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai bencana tanah longsor. Menurutnya, wilayah rawan longsor di Kota Blitar berada di Kelurahan Gedog. “Intinya kalau peralatan penanggulangan bencana sudah kita siapkan ,” katanya. (sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 6 =