Pjs Bupati Blitar Minta Tindakan 3T dan Operasi Yustisi Ditingkatkan

Blitar – Perkembangan COVID-19 di Kabupaten Blitar terus menunjukkan peningkatan setiap harinya. Untuk itu, pemerintah daerah juga terus berusaha mengendalikan laju penyebaran virus corona dengan berbagai cara.

Menyikapi hal itu, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa meminta seluruh Tim Satuan Tugas percepatan penanganan corona supaya memasifkan tindakan testing, tracing, treatment dan operasi yustisi maupun penegakan protokol kesehatan ditingkatkan.

“Sementara waktu saya minta, tindakan pemeriksaan, pelacakan dan pengobatan terhadap masyarakat yang diindikasi menjadi kontak erat harus kita prioritaskan untuk dilakukan tindakan 3T. Jika semua diperketat maka penyebaran virus corona bisa ditekan,” katanya.

Ia menjelaskan, apabila langkah – langkah tersebut lebih dimaksimalkan lagi penerapannya, maka lonjakan kasus COVID-19 dapat ditekan. Ia berharap, lapisan masyarakat juga proaktif dalam memerangi wabah corona, terutama ikut memberikan edukasi kepada lainnya tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Namum semua langkah itu akan sia – sia jika tidak didukung oleh masyarakat, karena jika hanya mengandalkan pemerintah maka belum optimal. Melawan virus corona harus benar – benar melibatkan semua lapisan. Masyarakat harus ikut berpartisipasi,” imbuhnya.

Budi juga menghimbau masyarakat agar tidak pernah bosan mengenakan masker dengan sempurna, menjaga jarak aman, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyempatkan waktu berolahraga secara rutin. (SK)