Petugas Periksa Kesehatan Hewan Dan Semprot Desinfektan Antisipasi PMK

38
Sumber : Hasil tangkapan layar video team liputan MaduTV Nusantara

Kediri- Sementara, hal serupa juga dilakukan oleh dinas peternakan Kab Kediri untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus mulut dan kuku pada hewan. Petugas Dinas Peternakan melakukan pemeriksaan, pengawasan serta penyemprotan desinfektan. Terhadap hewan dan kandang di Pasar Hewan Grogol Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Petugas dan sejumlah dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan hewan di Pasar Hewan Tradisional Grogol, Selasa siang. Petugas melakukan pemeriksaan pada mulut dan kuku pada hewan ternak sapi serta kambing.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya terjangkitnya hewan ternak dengan penyakit mulut dan kuku (PMK). Selain pemeriksaan, petugas juga melakukan pencegah dengan penyemprotan desinfektan pada kandang serta kendaraan pengangkut hewan.

Menurut petugas, penyebaran PMK ini memang menjadi perhatian khusus. Karena, meski tidak mematikan penyakit ini sangat merugikan peternak dari segi ekonomi. Sehingga pengawasan hewan mulai dari sapi, kambing, domba, babi maupun unta perlu dilakukan.

Petugas juga akan melakukan pengawasan intensif di perbatasan keluar masuk Kabupaten Kediri. dimana beberapa daerah seperti Malang, Mojokerto dan Gresik telah dinyatakan positif PMK.

Sementara, salah satu peternak sapi mengaku senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan hewan ini. Utnuk mengantisipasi PMK peternak melakukan penyemprotan desinfektan dan pembersihan hewan serta kandang secara mandiri.

Petugas menghimbau untuk pentingnya menjaga kebersihan pada hewan dan kandang. Bagi hewan ternak yang telah terjangkit PMK tidak boleh keluar kandang untuk mencegah penularan.(red)