Peserta BPJAMSOSTEK Mudah Kredit Perumahan

62

Kediri – Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK) tidak perlu risau jika ingin memiliki rumah sendiri. Melalui program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) 4+, BPJAMSOSTEK memberikan kemudahan bagi para peserta untuk melakukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Kediri, Suharno Abidin mengungkapkan, KPR bagi pekerja, penyelenggara BPJAMSOSTEK tidak perlu risau jika ingin memiliki rumah.

Suharno menegaskan jenis MLT perumahan dari BPJAMSOSTEK programnya mulai KPR, Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan kredit konstruksi. Sedangkan untuk besarnya pinjaman bisa mencapai hingga 500 juta rupiah.

Program BPJAMSOSTEK kian hari kian memberikan manfaat bagi pesertanya, seperti kemudahan kredit perumahan. Adanya program ini bertujuan agar para pekerja yang belum memiliki rumah sendiri bisa mewujudkan keinginannya.

Tidak hanya kemudahan KPR, tetapi juga mendapat subsidi bunga angsuran bank yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan program MLT. Di antaranya, minimal sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan selama 5 tahun, belum pernah memiliki rumah dan tidak sedang menanggung KPR di tempat lain.

Jika sudah memiliki syarat itu, peserta juga harus terdaftar di 3 program jaminan sosial yang dimiliki BPJAMSOSTEK. Tiga program jaminan sosial tersebut yakni program kecelakaan kerja, program kematian dan program hari tua.

Dari 3 syarat program tersebut maka peserta sudah bisa mendapatkan kemudahan KPR untuk kepemilikan rumah. Harapannya, dengan adanya MLT ini pekerja Indonesia bisa memenuhi kebutuhan untuk rumah.

Melalui program manfaat tambahan ini, BPJAMSOSTEK bisa memberikan manfaat langsung kepada peserta dan tidak perlu menunggu hingga hari tua atau saat terjadi kecelakaan baru bisa menggunakan jaminan sosial ini. (me)