Beranda Berita Pertamina Jamin Ketersediaan Avtur Untuk Penerbangan Haji 2019

Pertamina Jamin Ketersediaan Avtur Untuk Penerbangan Haji 2019

128
0

Surabaya ( madu.tv )  – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V kembali dipercaya memasok seluruh kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji tahun 2019 melalui Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok (BIL). *Bandara Juanda akan memberangkatkan 85 kloter* jamaah haji dan *Bandara Internasional Lombok akan memberangkatkan 11 kloter*.

Pemberangkatan pertama jamaah haji tahun ini dari Bandara Juanda direncanakan pada hari Sabtu (6/7/2019), sedangkan dari Lombok direncanakan pada Sabtu (6/7/2019). Pemberangkatan melalui *Bandara Juanda menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 100 KL/penerbangan*. Sedangkan dari *Bandara Internasional Lombok (BIL) juga menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 122 KL/penerbangan*.

Unit Manager Communication & CSR MOR V Rustam Aji, mengatakan tahun ini ada peningkatan pada konsumsi Avtur. Pemberangkatan haji melalui *Bandara Juanda konsumsi Avtur naik 2,3%* dibanding tahun lalu. Sedangkan di *Bandara Internasional Lombok (BIL) konsumsi Avtur meningkat sebesar 11%* dibandingkan dengan penerbangan haji tahun 2018.

“Estimasi kami, kebutuhan total Avtur untuk penerbangan haji 2019 ini, di *Juanda sebesar 16.885 KL dan di Lombok sebesar 2.705 KL*,” jelas Rustam. Salah satu penyebab kenaikan tersebut karena tahun 2019 ini ada penambahan 2 kloter dari Surabaya dan 1 kloter dari Lombok, dibanding tahun lalu.

“Pertamina akan menjamin ketersediaan Avtur dan mengoptimalkan ketepatan waktu pengisian ke pesawat,” lanjut Rustam. Dengan adanya penerbangan haji ini, *Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Juanda menaikkan persediaan Avtur selama bulan Juli sampai September menjadi 1.075 KL/hari dari normal 975 KL/hari atau naik sebesar 10%*. Sedangkan di *DPPU Bandara Internasional Lombok (BIL), persediaan Avtur dinaikkan menjadi 102 KL/hari dari normal 67 KL/hari atau naik sebesar 52%*.

Selain menyiapkan stok Avtur di DPPU dan Terminal BBM terdekat, Pertamina juga menyiapkan SDM dan sarana fasilitas untuk pengisian ke pesawat. “Kami juga melakukan koordinasi yang intens dengan Angkasa Pura I Juanda untuk menjaga kelancaran dan ketepatan pelayanan dengan baik, aman dan lancar,” tutup Rustam.•

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

69 − = 60