Beranda Berita Perputaran Dana Desa Jangan Sampai Ke Kota

Perputaran Dana Desa Jangan Sampai Ke Kota

157
0

Presiden Joko Widodo menekankan agar perputaran dana desa jangan sampai keluar hingga ke kota. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat di desa-desa akan semakin terangkat. Karenanya, sebisa mungkin sumber daya manusia,  hingga segala material untuk merealisasikan pembangunan dari dana desa, harus didapat dari lingkungan desa setempat.

Pada tahun 2019, pemerintah menganggarkan dana desa untuk disalurkan ke seluruh pelosok tanah air senilai total 70 triliun rupiah. Presiden Joko Widodo, saat sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Surabaya, pada Sabtu, 2 Februari, mengungkapkan bahwa infrasktruktur desa merupakan fondasi pembangunan bagi indonesia.

Karenanya dia berharap dana tersebut sebisa mungkin harus terserap menjadi pembangunan di desa-desa hingga mencapai 100 persen. Selain itu, jika realisasi pembangunannya tinggi, maka uang yang berputar di desa semakin banyak, yang berarti kesejahteraan masyarakat meningkat.

Joko Widodo – Presiden RI, “Dari dana desa ini, supaya kita tahu semuanya, agar perputaran uang yang ada di desa semakin banyak. Artinya kalau realisasinya semakin tinggi, uang yang berputar di desa-desa akan semakin banyak. Teorinya adalah semakin banyak uang beredar di desa-desa, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Itu teori yang tidak bisa diotak-atik lagi.” 

Presiden Joko Widodo menekankan, untuk merealisasikan pembangunan di desa-desa melalui dana ini, seperti membangun jalan, jembatan, maupun irigasi, dan lain sebagainya, dengan memberdayakan sumber daya manusia dari desa dengan menggunakan material setempat. Dengan begitu perputaran dana desa tidak perlu keluar bahkan hingga sampai ke kota, demi peningkatan perekonomian masyarakat desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 6 = 2