Beranda Berita PERINGATI PEMBERONTAKAN PETA RATUSAN PELAJAR GELAR PEMENTASAN DRAMA KOLOSAL

PERINGATI PEMBERONTAKAN PETA RATUSAN PELAJAR GELAR PEMENTASAN DRAMA KOLOSAL

81
0

Dalam rangka Memperingati Pemberontakan Tentara Peta yang Dipimpin Supriadi yang jatuh tiap tanggal 14 februari , masyarakat Kota Blitar, Jawa Timur , menggelar Drama Kolosal di Monumen Peta Kota Blitar . Drama yang diikuti ratusan pelajar dan seniman ini mengisahkan perjuangan heroik tentara muda peta melawan kekejaman penjajah jepang.

Drama kolosal ini, di awali dengan kedatanglah tentara jepang di indonesia, untuk mengambil alih kekuasaan dari tentara sekutu belanda . Untuk menarik simpati rakyat indonesia, tentara jepang menyebut dirinya saudara tua terhadap rakyat indonesia. Bahkan tentara jepang juga merekrut para Pemuda Indonesia untuk dijadikan sebagai Tentara Militer Jepang, dengan istilah Sudanco.

Namun kedatangan tentara jepang ini, bukan bertujuan untuk memberi kemerdekaan , tapi justru malah  menyengsarakan bangsa indonesia. Rakyatpun diharuskan untuk Kerja Paksa, atau Rumosha.

Karena tidak tahan melihat penderitaan rakyat indonesia yang dijajah oleh jepang, Supriadi dan anggota Sudanco pun memberontak terhadap penjajah jepang.

Penyerangan ke markas tentara jepang ini digambarkan dengan heroik, bagaimana Sudanco melepas dan Merobek Bendera Jepang diganti dengan Bendera Merah-Putih .

Drama kolosal yang  melibatkan ratusan pelajar ini, di akhiri dengan menyanyikan lagu padamu negri,  setelah negara jepang di nyatakan kalah dalam perang, usai di bom atom oleh tentara sekutu.  Kemerdekan bangsa indonesia ini  di sambut gembira rakyat indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih di seluruh nusantara .

Di gelarnya drama kolosal ini, bertujuan mendidik generasi sekarang khususnya pelajar, supaya bisa mengambil contoh dari kepahlawanan supriadi dan anggota sudanco yang lain, yang rela berjuang meskipun harus berkorban nyawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − = 2