Connect with us

Blitar

Peringati HUT Kemerdekaan RI Petani Blitar Gelar Lomba Balap Traktor Dan Tangkap Lele

Diterbitkan

pada

Peringati HUT Kemerdekaan RI Petani Blitar Gelar Lomba Balap Traktor Dan Tangkap Lele

Peringati HUT Kemerdekaan RI Petani Blitar Gelar Lomba Balap Traktor Dan Tangkap Lele

Dalam rangka memeriahkan HUT RI yg ke 74, para petani di Kabupaten Blitar menggelar lomba balap hentraktor . Lomba ini sengaja digelar agar para pemuda lebih bisa meningkatkan ketrampilan dalam penggunaan alat pertanian modern .

Area persawahan di Dusun Judel Kelurahan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar ini tak ubahnya sebuah sirkuit offroad penuh lumpur. Lokasi ini di gunakan oleh petani gapoktan wlingi bersama syganta , sebagai ajang lomba balap hentraktor yang biasa digunakan alat untuk membajak sawah .

Disaksikan oleh ratusan warga, para peserta penuh semangat menyusuri track lumpu , para petani beradu cepat dan strategi untuk mengatasi sulitnya medan persawahan yang penuh dengan lumpur.

Meski traktor merupakan peralatan keseharian mereka untuk bertani , namun para peserta kesulitan untuk menjalankan kecepatan tinggi bahkan tak sedikit petani terjatuh saat memacu hentraktornya.

Menurut, Agus Raharjo, kasi alsintan dan lingkungan tanaman dinas pertanian dan pangan Kabupaten Blitar , lomba hentraktor ini selain untuk memeriahkan HUT RI ke 74 , sekaligus untuk memperkenalkan serta meningkatkan ketrampilan para petani dalam mengoperasionalkan alat mesin pertanian .

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Blitar

Hama Petek Serang Ribuan Batang Tanaman Cabai

Diterbitkan

pada

Sumber : Hasil tangkap layar Youtube Redaksi Madu TV

Blitar – Di balik harga cabai yang melambung tinggi, petani justru mengeluh akibat tanaman cabainya banyak terserang hama petek. Petani terancam merugi sebab cabai yang seharusnya bisa dipanen justru busuk dan mengering di pohon.

Harga cabai di pasaran melambung tinggi yang sebelumnya hanya kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000 per kilogram, kini menyentuh harga Rp. 55.000 per kilogram.

Namun, harga cabai tersebut tidak sepenuhnya membuat petani cabai di Kabupaten Blitar bahagia. Pasalnya  ribuan batang tanaman cabai terserang hama petek.

Sugianto, petani asal Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar mengatakan serangan hama cabai ini terjadi sejak sebulan terakhir menyebabkan cabai busuk dan mengering. Akibatnya cabai tidak bisa dipanen dan kondisi ini membuat petani resah karena terancam gagal panen.

Untuk mengurangi kerugian, cabai yang masih berwarna hijau terpaksa harus dipanen dini, karena jika terlambat akan busuk dan kemudian rontok. Petani menduga hama cabai petek terjadi akibat cuaca akhir – akhir ini.

Sugianto juga mengeluhkan kondisi ini, pasalnya 5.000 batang pohon cabai miliknya hampir 90 persen mati terserang hama patek. Dirinya  sempat berupaya mengobati tanaman yang terkena hama namun tidak membuahkan hasil. Bahkan ia berencana mengganti tanaman cabai miliknya dengan tanaman lain yang lebih menguntungkan. (sr)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: