Peresmian Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Sei Selayur, 26 Oktober 2023

48

PALEMBANG, 26 Oktober 2023 – Hari ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan penuh semangat meresmikan instalasi pengolahan air limbah domestik di Sungai Musi. Keberadaan sistem pengolahan air limbah ini diharapkan akan menjadi langkah besar dalam mengurangi pencemaran air di sungai yang sangat berarti bagi masyarakat Palembang.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Kota Palembang adalah komitmen pemerintah untuk menjaga kebersihan sungai yang telah menjadi bagian penting dari sejarah dan budaya Palembang. Dengan mengalokasikan dana sebesar Rp624 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Rp24 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta bantuan sebesar Rp690 miliar dari Pemerintah Australia, proyek ini menjadi sebuah wujud nyata kerja sama antar-negara yang bertujuan untuk kebaikan lingkungan.

Sistem pengolahan air limbah domestik ini akan memiliki peran kunci dalam menjaga keberlanjutan ekosistem Sungai Musi. Dengan teknologi modern dan efisien, proyek ini diharapkan akan mampu mengolah air limbah domestik sekitar Sungai Musi dengan tingkat efisiensi yang tinggi, sehingga menciptakan air sungai yang lebih bersih dan aman bagi kehidupan ikan dan tumbuhan air.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, yang menunjukkan komitmen Australia dalam mendukung upaya Indonesia dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengatasi masalah pencemaran air. Kebersamaan antara Indonesia dan Australia dalam proyek ini menjadi contoh nyata kerja sama internasional yang memperkuat persahabatan antar-negara.

Dalam suasana yang penuh harapan, Presiden Joko Widodo bersama para pejabat pemerintah pusat dan daerah menghadiri sound-up peresmian sistem pengelolaan air limbah domestik ini. Suara tanda peresmian tersebut menggema sebagai bukti komitmen pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjadikan Sungai Musi sebagai aset berharga bagi masa depan Palembang.

Dengan peresmian sistem pengolahan air limbah domestik ini, harapan besar kini mengawali perjalanan menuju Sungai Musi yang lebih bersih, sehat, dan lestari. Hal ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Palembang, tetapi juga memberikan inspirasi bagi upaya menjaga lingkungan di seluruh Indonesia.