Beranda Berita Penyelanggara pemilu dan peniliti diskusikan strategi cegah money politic di Pemilu 2019

Penyelanggara pemilu dan peniliti diskusikan strategi cegah money politic di Pemilu 2019

151
0

Menjelang pemilu 2019, tim peniliti dari The Republic Institute menggelar focus group discussion bersama para penyelanggara pemilu di Tulungagung , Jawa Timur, untuk mencegah Money Poltic dalam pemilu yang akan datang dan mencari varian baru Money Politic yang muncul dipermukaan. Hasilnya agar penyelanggara pemilu melakukan pencegahan dengan penguatan basis data base indeks Kerawanan money politik harus terbaca.

Praktik Money Politik atau politik uang, seakan menjadi momok yang menakutkan dan masih sulit di ungkap dalam setiap gelaran pemilu, terkait hal tersebut tim peniliti dari The Republic Institute menggelar focus group discussion bersama para penyelengara pemilu di tulungagung jawa timur yakni k-p-u , p-p-k, bawaslu dan panwaslu kecamatan.

Dalam diskusi ini peniliti berkeinginan untuk menggali informasi mengenai politik uang dari para penyelenggara pemilu karena hal ini menjadi kekhawatiran para ilmuwan bahwa membesarnya politik uang , membesar pula resiko terjadinya korupsi. Di samping itu peniliti mencari varian baru politik uang yang muncul dipermukaan dari sekedar memberi imbalan uang atau janji kepada pemilih.

Untuk praktik politik uang harus ada upaya besar dari penyelanggara pemilu dalam melakukan pencegahan, seperti penguatan terhadap basis data base yang dimiliki penyelanggara pemilu, memastikan indeks kerawanan yang diakibatkan politik uang harus dapat terbaca.

Dalam pemilu 2019 mendatang para penyelengara pemilu tidak hanya dihadapkan dengan permasalahan praktik politik uang, namun dihadapkan pula dengan masalah berita bohong atau hoax dan isu sara. Sehingga diharapkan bagi para pemilih agar bertindak secara bijaksana dan tidak menelan mentah-mentah .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

21 + = 24