Beranda Berita Penyediaan Benih Unggulan Kopi Robusta

Penyediaan Benih Unggulan Kopi Robusta

163
0

Untuk mendukung penyediaan benih unggul tanaman kopi. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung,  Jawa Tengah, mengembangkan kebun sumber entres atau mata okulasi kopi robusta.

Kebun entres merupakan kebun penghasil bahan sambung tanaman kopi atau entres,  yang akan digunakan sebagai batang atas dalam perbanyakan tanaman secara vegetative. Di kebun entres ditanam klon-klon unggul tanaman kopi,  guna meningkatkan produksi.

Selain untuk bahan sambung, entres kopi robusta yang berada di kebun dinas desa medari, kecamatan Ngadirejo ini  juga bisa digunakan untuk pembuatan stek berakar. Yang nantinya bisa ditanam di lahan tanpa harus dilakukan penyambungan.

Dengan luas 1,4 hektare, kebun sumber entres medari memiliki 6 ribu 800 tanaman kopi robusta yang  terdiri atas enam klon. Dimana setiap klon mempunyai keunggulan masing-masing.  Keunggulan entres ini adalah hasil perbanyakan vegetatifnya sama dengan indukan.

Diharapkan, melalui kebun sumber entres ini masyarakat bisa mendapatkan benih kopi unggul sesuai anjuran dari dinas. Mengingat produktivitas kopi di Temanggung selama ini masih rendah. Karena masih menggunakan benih yang tidak diketahui asal-usulnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

21 − 11 =