Beranda Berita PENINGKATAN SOSIALISASI KE MASYARAKAT TERKAIT BAHAYA DAN LARANGAN MEMBAKAR AREA HUTAN

PENINGKATAN SOSIALISASI KE MASYARAKAT TERKAIT BAHAYA DAN LARANGAN MEMBAKAR AREA HUTAN

51
0

PENINGKATAN SOSIALISASI KE MASYARAKAT TERKAIT BAHAYA DAN LARANGAN MEMBAKAR AREA HUTAN

Kesatuan pemangku hutan Tulungagung, meningkatkan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya dan larangan membakar area hutan. Selama musim kemarau tahun ini luasan hutan yang sudah terbakar mencapai lima hektar. Petugas menemukan adanya indikasi pembakaran dalam kejadian tersebut, dan membentuk satgas khusus untuk mengantisipasi bertambahnya area hutan yang terbakar.
Intensitas kebakaran hutan selama musim kemarau di Kabupaten Tulungagung tahun ini , mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Sesuai data yang dimiliki oleh kesatuan pemangku hutan Tulungagung, perhutani Kediri, luasan area hutan yang terbakar dalam musim kemarau tahun ini mencapai lima hektar. Jumlah ini diperkirakan masih bisa bertambah lagi, mengingat belum datangnya musim penghujan.
Terdapat lima kecamatan di Tulungagung yang menjadi wilayah perhutani Kediri dengan luas hutan mencapai 16 ribu hektar. Wilayah hutan tersebut berada di Kecamatan Sendang, Pagerwojo, Kauman, Gondang Dan Karangrejo. Sedangkan sisanya masuk kawasan perhutani Blitar. Area hutan yang rawan terjadi kebakaran berada di Kecamatan Gondang.
Petugas menemukan penyebab terjadinya kebakaran hutan di Tulungagung adalah unsur kesengajaan. Terdapat oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja membakar hutan. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, petugas meningkatkan sosialisasi ke masyarakat akan bahaya dan larangan membakar hutan. Selain itu mereka juga memasang papan larangan membakar hutan, di sejumlah titik rawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 2