Pengungkapan Klinik Aborsi Berkedok Klinik Bersalin di Medan, Sumatra Utara

156

Medan, Sumatra Utara – Seorang ibu dan anak dari Medan Deli ditangkap oleh Satuan Reserse Kriminal Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Pelabuhan Belawan setelah ketahuan melakukan praktik aborsi dengan kedok klinik bersalin.

Anggota Satreskrim Unit PPA Polres Pelabuhan Belawan berhasil mengungkap klinik aborsi di Medan Deli pada Minggu sore, 17 September 2023. Dalam operasi ini, tiga pelaku berhasil ditangkap, di antaranya dua merupakan ibu dan anak yang terlibat dalam praktik aborsi. Mereka diketahui dengan inisial AS, JM, dan LS. JM dan LS adalah ibu dan anak yang terlibat dalam praktik aborsi ilegal ini. Mereka ditangkap di kawasan Jalan Rumah Potong Hewan, Gang Bahagia, Kecamatan Medan Deli, Sumatra Utara.

Kanit PPA Polres Pelabuhan Belawan, IPDA Rostanti Sihombing, menjelaskan bahwa petugas kepolisian mendapat laporan dari masyarakat tentang aktivitas mencurigakan di klinik tersebut. Petugas segera melakukan penyamaran dan mendatangi lokasi, di mana mereka berhasil menangkap ibu dan anak yang tengah melakukan aborsi ilegal.

Dari lokasi tersebut, petugas menyita sejumlah barang bukti, termasuk alat-alat yang digunakan untuk aborsi. Klinik ini juga diberi garis polisi sebagai tempat kejahatan tersebut terjadi.

Hasil pemeriksaan petugas menunjukkan bahwa praktik aborsi ilegal telah berlangsung sejak tahun 2020. Mereka juga mempekerjakan seseorang untuk mencari pasien yang ingin melakukan aborsi dengan tarif yang bervariasi, mulai dari 3 juta hingga 7 juta rupiah.

Para pelaku yang terlibat dalam praktik aborsi ilegal ini akan dihadapkan pada hukuman penjara selama 10 tahun sebagai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka yang melanggar hukum.

Kasus ini menunjukkan pentingnya pengawasan ketat terhadap praktik klinik bersalin untuk mencegah praktik aborsi ilegal yang berbahaya bagi kesehatan dan nyawa perempuan. Polisi akan terus bekerja untuk memberantas praktik semacam ini dan menjaga perlindungan bagi perempuan dan anak-anak.