Beranda Berita Penghentian Aktivitas Penambangan di Kediri

Penghentian Aktivitas Penambangan di Kediri

49
0

Penghentian Aktivitas Penambangan di Kediri

Penambangan ilegal di Dusun Jember, Desa Pare Lor Kabupaten Kediri. Dilahan CV Adhidjojo dihentikan paksa. CV. Adhidjojo pemilik izin resmi penambangan merasa dirugikan, akibat adanya penambangan liar yang dilakukan oleh BS. Dari kegiatan itu pihak pemilik resmi ijin galian mengalami kerugian secara materi hingga puluhan juta rupiah.
Sejauh ini Moh Khabibi selaku pemilik izin tambang CV. Adhidjojo melalui kuasa hukumnya Imam Mohklas menjelaskan, kejadian berawal saat pertama kali BS akan melakukan tindakan menggali dilahan milik CV. Adhidjojo. Dan pihak direksi pemilik ijin tambang tidak memperbolehkan adanya tindakan menggali dan menanyakan siapa yang akan bertanggungjawab atas tindakan tersebut. Ia juga menjelaskan BS membuat surat penyataan berisi siap bertanggungjawab penuh, terhadap aktivitas penambangan liar yang dioperasikannya.
Menurut Iman Mohklas, sesuai surat pernyataan yang dibuat bs sebagai penambang liar dilahan milik CV. Adhidjojo sudah melakukan penggalian mulai tanggal 8 Juli 2019 dengan membawa 2 bego yang digunakan untuk menggali dilahan milik CV. Adhidjojo secara ilegal. Dan pihak CV Adhidjojo, sudah beberapa kali memberikan peringatan terhadap aktivitas tersebut namun tidak dilakukan oleh penambang tersebut.
Ia juga menambahkan, pihaknya juga meminta untuk dua alat eskavator keluar dari wilayah tambang dan kami tidak menghendaki bagi pihak pihak yang tidak memiliki ijin melakukan penambangan diwilayah milik CV. Adhidjojo.
Kedua belah pihak juga dilakukan mediasi di polres kediri. Dan dari hasil mediasi tersebut belum membuahkan hasil.
Lebih lanjut pihaknya menegaskan, ada kekwatiran atas aksi penyerobotan lokasi aktivitas tambang ini yang terus berkelanjutan dan mengganggu aktivitas penambangan CV. Adhidjojo sehingga pihaknya akan melakukan laporan ke polda jatim dalam waktu dekat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 6