Penampungan ODGJ di Muncar Berdiri Sejak Tahun 2011

Sumber : Hasil tangkapan layar video team liputan MaduTV Nusantara

Banyuwangi – Senin pagi, Pondok Kasih Banyuwangi Waras yang menampung 19 ODGJ terlihat riuh dan ramai dengan suara para ODGJ yang sedang diterapi untuk kesembuhan dengan menyanyikan Firman-firman Tuhan yang ada di Kitab Injil.

19 ODGJ itu rata-rata hasil evakuasi dari pinggir jalan yang ada di Kecamatan Muncar sebelum pendemi melanda. Mereka diambil dalam kondisi sangat kumal, berambut gimbal dan bau menyengat karena tidak pernah mandi.

Di dalam Pondok Kasih Banyuwangi Waras ini mereka dibersihkan hingga benar-benar bersih dan dirawat sementara hingga bertemu pihak keluarga.

Pondok Kasih Banyuwangi Waras berdiri pada tahun 2011 yang diinisiasi oleh pasangan suami istri Bambang Sugianto (57) dan Rachel Tamaka (59) tahun. Awal berdirinya juga sangat unik karena berawal dari Rachel Tamaka ketika melihat ODGJ di jalan perutnya akan selalu mual tanpa sebab. padahal Dirinya mengaku tidak jijik dengan para ODGJ tersebut.

Karena selalu mual itulah ia berkonsultasidengan para teman pendoa yang ada di gereja. Hingga akhirnya tercetuslah Pondok Kasih Banyuwangi Waras yang dibawahi Yayasan Gabriel Banyuwangi khusus untuk merawat para ODGJ.

Di Pondok Kasih Banyuwangi Waras mereka akan dilatih untuk kehidupan sehari-hari sebagai orang normal seperti bangun pagi harus mandi, beribadah, cuci piring dan baju sendiri.

Penyembuhan yang digunakan tidak menggunakan obat ataupun spesialis kejiwaan. Akan tetapi terapi yang diberikan adalah kegiatan sehari-hari yang terus diulang-ulang hingga mereka memahami dan terlatih hidup mandiri.

Akan tetapi, niat baik pasangan suami istri ini bukan tanpa rintangan karena keterbatasan tempat inilah yang membuat mereka untuk sementara tidak menerima dan mencari ODGJ baru lagi hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Padahal mereka masih sangat ingin menambah ODGJ yang ingin dirawat.

Pondok Kasih Banyuwangi Waras menerima sumbangan dalam bentuk apapun yang terpenting dapat bermanfaat bagi para ODGJ yang dibina. Sumbangan dapat langsung di antar ke Pondok Kasih Banyuwangi Waras yang beralamat di Dusun Tegal Pare Desa Wringin Putih Kecamatan Muncar.(aw)