Beranda Pemerintahan Pemprov Jateng Siapkan Pompa Air Atasi Banjir

Pemprov Jateng Siapkan Pompa Air Atasi Banjir

26
0
Pemprov Jateng Siapkan Pompa Air Atasi Banjir

Dua hari terakhir jalur pantura Jawa Tengah tepatnya di ruas jalan Kaligawe Kota Semarang tergenang banjir. Genangan banjir terparah terjadi dibawah jembatan tol Kaligawe dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter. Kondisi seperti ini mengakibatkan kendaraan yang melintas harus berjalan pelan.
Air banjir tidak hanya mengenangi jalur pantura namun juga masuk ke permukiman warga, seperti yang terjadi di kampung Tambakrejo ini. Akibat banjir aktivitas warga terganggu. Warga berharap pemerintah segera lakukan tindakan agar air banjir yang mengenangi wilayahnya tersebut segera surut.
Banjir diwilayah Semarang bagian utara ini dikarenakan luapan air sungai Sringin. Curah hujan yang cukup tinggi di kota Semarang selama dua hari terakhir mengakibatkan sungai tak mampu menampung debit air.
Untuk mengatasi banjir di ruas jalan Kaligawe Semarang. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah pompa penyedot air. 5 pompa air dengan kapasitas sedot 600 meter kubik perdetik dan 2 ribu meter kubik per detik yang saat ini difungsikan dinilai kurang maksimal mengatasi genangan banjir yang cukup banyak. Pemprov Jateng akan menambah 6 pompa air dengan kapasitas sedot antara 5 ribu hingga 11 ribu meter kubik per detik.
Menurut gubernur Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa normalisasi sungai banjir kanal timur harus segera diselesaikan agar air banjir yang mengenangi jalan dan permukiman warga bisa disedot dan dialirkan ke sungai di Kota Semarang. Sejumlah wilayah berpotensi terjadi bencana banjir saat musim hujan yakni diwilayah Semarang bagian bawah seperti wilayah Mangkang, Genuk, Terboyo, Gayamsari dan Sawah Besar.
Sementara sepasang Lutung Jawa itu kini di serahkan kepada pusat rehabilitasi Lutung Jawa untuk dirawat sementara sebelum dilepas liarkan ke habitat aslinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here