Pemkot Kendari Serahkan Bantuan Pada Sejumlah Veteran Kota Kendari Saat Upacara Hari Pahlawan 2023

49

Kendari, 10 November 2023 – Dalam peringatan Hari Pahlawan ke-78, Kota Kendari menggelar upacara dengan semangat yang membara. Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman, mengambil peran sebagai Inspektur Upacara, sementara Kapten Laut (P) Gunawan menjadi Komandan Upacara. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain PJ Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, dan Forkopimda Kota Kendari, yang turut menjadi peserta upacara.

Dalam sambutannya, Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman, menyampaikan pesan dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Menteri Rismaharini menekankan tema peringatan Hari Pahlawan ini, yakni “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini mengajak kita semua untuk merenung dan menjawab ancaman zaman modern yang semakin nyata.

Kendari, dengan pasar yang besar dan berlimpahnya sumber daya alam seperti tanah subur, hasil laut melimpah, dan beragam mineral yang tersimpan dalam perut bumi, memiliki potensi besar untuk berkembang. Pemerintah Kota Kendari juga turut berperan aktif dalam mendukung veteran, dengan PJ Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menyerahkan bantuan kepada sejumlah veteran di kota ini. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan kepada mitra Pemkot Kendari yang berprestasi dalam bidang sosial.

Tak hanya itu, Kota Kendari juga menerima bantuan dari Sentra Meohai berupa kursi roda elektrik dan manual sebanyak 16 unit. Bantuan ini kemudian diserahkan kepada perwakilan disabilitas di Kota Kendari, sebagai bentuk perhatian terhadap mereka yang membutuhkan.

Di akhir acara, PJ Wali Kota Kendari dan Sekretaris Daerah, bersama-sama memberikan penghargaan kepada kecamatan, kelurahan, dan puskesmas terbersih. Lomba kebersihan lingkungan yang digelar sukses menemukan pemenang, di mana Kecamatan Wua-Wua menjadi juara 1, Kecamatan Kendari sebagai juara 2, dan Kecamatan Puuwatu meraih juara 3. Sementara dalam kategori kelurahan, Kelurahan Punggaloba meraih juara 1, Kelurahan Mokoau sebagai juara 2, dan Kelurahan Mataiwoi sebagai juara 3. Sedangkan dalam kategori puskesmas, juara 1 diraih oleh Puskesmas Puuwatu, juara 2 oleh Puskesmas Lepo-Lepo, dan juara 3 oleh Puskesmas Benu-Benua.

Tak lupa, PJ Wali Kota Kendari juga memberikan penghargaan berupa bendera hitam kepada 8 kelurahan yang terkotor. Kelurahan Nambo, Kelurahan Kandai, Kelurahan Petoaha, Kelurahan Anggolomelai, Kelurahan Abeli, Kelurahan Tobimeita, Kelurahan Sambuli, dan Kelurahan Poasia menerima penghargaan ini sebagai bentuk dorongan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan.

Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum yang berarti bagi Kota Kendari untuk terus berkembang dan memberikan perhatian kepada para pahlawan, veteran, serta memperbaiki lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Semangat kebersamaan dan optimisme penuh harapan terus menyala di Kota Kendari.