Connect with us

Jawa Timur

Idul Adha di Tengah Pandemi, Pemkot Kediri Gratiskan Biaya Penyembelihan Hewan Kurban

Diterbitkan

pada

Proses pemotongan hewan kurban di RPH Kediri. Dok: Muhtar Efendi.

Kediri – Merayakan hari raya Iduladha 1442 H di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Kediri berikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berkurban. Ini sesuai intruksi Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, untuk memfasilitasi penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat Kota Kediri secara gratis. Hal tersebut telah secara gamblang tersampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota Kediri, Mohamad Ridwan. Bertepatan saat ia tim media temui di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), pagi tadi, Rabu (21/7).

Ridwan mengungkapkan bahwa pengratisan biaya retribusi pemotongan hewan kurban ini berlangsung selama 3 hari. “Penyembelihan di RTH secara gratis ini akan terlaksana selama 3 hari, yaitu Rabu, Kamis, dan Jum’at,”tuturnya.

Kepala UPTD RPH Kota Kediri, Hariyanto, menambahkan bahwa pemotongan hewan kurban mulai pukul 4 pagi hingga 11 siang dengan mendahulukan yang sudah mendaftar terlebih dahulu. “Ini untuk mengantisipasi adanya pembludakan permintaan pemotongan dan keterbatasan waktu yang diberikan,”terangnya.

Berdasarkan penuturan Ridwan, hingga pagi tadi sudah ada 33 hewan kurban yang dititipkan di RPH. “Seluruh hewan kurban yang diterima hari ini dalam keadaan sehat,”ujarnya. Ini semakin kuat dengan pernyataan Hariyanto bahwa hewan yang masuk akan melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu. “Kita telah menyiapkan Dokter Hewan untuk mengecek keadaan hewan kurban yang datang, sehat atau tidak,”terangnya.

Proses pemotongan hewan kurban di RPH Kediri. Dok: Muhtar Efendi.

Lebih lanjut Hariyanto menuturkan usai penyembelihan, akan ada pemeriksaan kembali pada daging hewan tersebut. Setelah ada pemeriksaan, dari 33 ekor sapi yang petugas sembelih hari ini, tertemukan 6 ekor sapi yang terkena cacing hati. “Bagian yang sakit tersebut akan kita pisahkan dan musnahkan di RPH sini,”ujarnya.

Hariyanto juga menjelaskan bahwa cacing hati tidak akan berpengaruh pada potongan daging lainnya. “Dagingnya Insyaallah aman, untuk hatinya akan kita musnahkan,”ujarnya. (me)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Bangkalan

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembakaran Maling di Bangkalan

Diterbitkan

pada

Bangkalan – Satreskrim Polres Bangkalan menangkap dua orang warga, yang di duga sebagai pelaku pembakaran maling hingga tewas. Dari keterangan keduanya, korban sempat di ikat, sebelum di siram bensin dan di bakar. Selain kedua pelaku ini, polisi masih mengejar beberapa tersangka lainnya.

Dua pelaku berinisial N dan MH ini, di jemput dari rumah masing-masing, di Desa Dhuwek Buter, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan-Madura. Tak ada perlawanan baik dari kedua pelaku, maupun keluarganya.

Keduanya mengakui memang terlibat, dalam kasus pembakaran korban, berinisial R, yang berhasil di tangkap warga, karena di duga pelaku pencurian.

Dari data kepolisian, korban berinisial R tersebut, memang seorang residivis yang sudah keluar masuk penjara, untuk kasus yang sama. Yakni pencurian dengan kekerasan, dan pencurian dengan pemberatan.

Dari keterangan sementara kepada penyidik, keduanya juga mengakui, sempat mengikat R dengan tali tambang, lalu menyiram nya dengan bensin, yang di ambil dari kios bensin di sekitar TKP.

Setelah sempat di hakimi massa, korban R tersebut lalu di bakar hingga tewas.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, milik korban R sebagai residivis pencurian, yakni kunci T, dan senjata tajam celurit. Serta barang bukti sepeda motor nya, yang ikut hangus dibakar massa.

Selain dua pelaku tersebut dalam kasus ini, pihaknya masih memburu pelaku lainnya, yang diduga ikut terlibat langsung dalam pembakaran maling tersebut.

Polisi mengungkap bersama tindak pidana curanmur lainnya yang sering beroperasi di Bangkalan  mulai dari begal pembobolan rumah curat lainnya. (ab)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: