Pemkot Kediri Bersama LP2M Universitas Negeri Malang, Rekrut 66 Tenaga Pendamping Prodamas Plus

135

Kediri-Guna menunjang jalannya Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) Plus tahun 2021, Pemerintah Kota Kediri menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang. Program ini merekrut 66 tenaga pendamping yang bertugas mengawal pelaksanaan Prodamas Plus. Pendampingan tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban.

“Kami bersama dengan LP2M Universitas Negeri Malang saat ini sedang melakukan rekrutmen untuk 66 tenaga pendamping. Mereka bertugas mengawasi jalannya Prodamas Plus di setiap kecamatan, kelurahan, hingga RT,” terang Paulus Budi Luhur, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemerintah Kota Kediri, Kamis (10/6/2021).

Paulus menjelaskan, 66 tenaga pendamping tersebut terbagi atas beberapa bagian. 1) 3 koordinator pendamping kecamatan. 2) 30 orang tenaga pendamping infrastruktur. 3) 15 orang tenaga pendamping ekonomi. 4) 15 orang tenaga pendamping pemberdayaan masyarakat. 5) 3 staff pendukung yang ahli pada bidangnya.

“Rekrutmen ini terlaksana murni oleh LP2M Universitas Negeri Malang. Pemerintah Kota Kediri hanya bertindak sebagai fasilitator,” tegas Paulus. Paulus menyampaikan bahwa kerjasama dengan LP2M UM ini pun berdasar pada track record dari universitas tersebut. Termasuk dalam menangani hal berkaitan dengan Prodamas Plus. “Mereka telah berpengalaman dalam bidang pendampingan-pendampingan masyarakat di Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Adapun tenaga-tenaga pendamping ini merupakan putra-putri daerah di Kediri. Menurut Paulus, pendampingan ini untuk warga masyarakat Kota Kediri. Dengan demikian, ia pilih putra-putri daerah yang memahami kondisi sosial kemasyarakatan yang ada di Kota Kediri. Pendaftaran pendamping Prodamas Plus ini tutup 11 Juni 2021. Informasi lebih lanjut terkait persyaratan dan kriteria ada di akun Instagram resmi Pemerintah Kota Kediri @pemkotkediri.

Proses seleksi wawancara akan segera mulai setelah proses administrasi dari para calon pendaftar telah terpenuhi. “Seleksi wawancara rencananya pada tanggal 14-15 Juni 2021 bertempat di kantor BKPPD Kota Kediri,” ungkap Paulus.

Paulus menargetkan pembangunan di 6 bidang bisa tercapai seluruhnya. Meliputi infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan kepemudaan.

Inovasi ini mendapat sambutan baik oleh setiap Kelurahan yang ada di Kota Kediri. Heru Sugiarto, Lurah Ngronggo Kota Kediri, mengatakan bahwa hal ini telah ternantikan.

“Bagus, memang perlu adanya pendampingan bagi masyarakat dalam pelaksanaan Prodamas Plus ini. Dengan demikian,  masyarakat tahu hal yang harus menjadi rencana pelaksanaan dan prioritas,” ungkapnya, Kamis, (10/6/2021).