Pembangunan Rumah Susun Untuk Santri Pondok Pesantren As’adiyah Sebatik, Kalimanatan Utara

53

Kalimantan Utara – Momentum bersejarah terjadi pada Kamis, 03 Agustus 2023, ketika Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, dengan semangat penuh melaksanakan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik. Proyek megah ini akan menjadi langkah penting untuk mendukung pembinaan santri dan memberikan hunian yang layak bagi para santri di wilayah perbatasan Republik Indonesia.

Dengan menggunakan anggaran APBN sebesar Rp. 9,68 miliar, Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik akan berdiri gagah dengan tiga lantai yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan para santri. Proyek ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan dan kesejahteraan para santri di seluruh negeri.

Pembangunan Rusun ini juga menjadi wujud nyata dukungan pemerintah terhadap lembaga pendidikan agama yang memiliki peran strategis dalam mencetak generasi muda yang berakhlakul karimah dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan bangsa. Dengan adanya fasilitas modern seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan fasilitas pendukung lainnya, Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik akan menjadi tempat tinggal yang nyaman dan memadai bagi para santri.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menegaskan bahwa proyek Rusun ini telah dirancang dengan matang untuk memastikan kualitas dan keberlangsungan pembangunan yang maksimal. Rencananya, kontrak pembangunan akan ditandatangani bulan September ini, dan estimasi pelaksanaan pekerjaan dari Oktober 2023 hingga Mei 2024 memberikan keyakinan bahwa proyek ini akan berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Dengan adanya Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung bagi para santri dalam mengejar ilmu pengetahuan dan spiritualitas. Semangat optimisme dari pemerintah dan dukungan penuh dari Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, menjadi pendorong utama bagi kelancaran proyek ini, serta memberikan harapan baru bagi masa depan pendidikan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan Republik Indonesia. Proyek ini membuktikan bahwa keberpihakan pemerintah pada dunia pendidikan dan agama adalah prioritas yang tak tergoyahkan.

Dengan langkah berani ini, semoga proyek Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik menjadi inspirasi bagi pembangunan dan peningkatan fasilitas pendidikan di seluruh tanah air. Dan melalui dukungan penuh dari para pemangku kepentingan dan masyarakat, Indonesia semakin kokoh dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan masa depan.