Beranda Berita Pelaku IKM Di Beri Bekal Teknik Eco Print Untuk Kembangkan Industri Hijau...

Pelaku IKM Di Beri Bekal Teknik Eco Print Untuk Kembangkan Industri Hijau Di Kota Malang

81
0

Pelaku IKM Di Beri Bekal Teknik Eco Print Untuk Kembangkan Industri Hijau Di Kota Malang

Pemerintah kota malang melalui dinas perindustrian tengah mengembangkan industri hijau pad asektor industri tekstil dan aneka. Hal tersbeut mendorong dinas tersebut menggelar pelatihan bagi pelaku ikm di kota malang. Industri hijau dewasa ini diyakini banyak memunculkan minat pasar dan juga mudah dalam mencari bahan baku untuk di apliaksikan dalam dunia usaha.

Pelatihan insdurti hijau bagi pelaku ikm di sektor tektil dan aneka ini dilaksanakan di salah satu hotel berbintang di kota malang. Dalam pelatihan ini para pelaku ikm di beri bekal cara pengapliaksian dedaunan untuk mewarnai kain yang dinamai tektik eco print.

Kepala bidang ilmateta dinas perindustrian kota malang, fahmi fauzan mengatakan bahwa pelatihan teknik eco print ini sebagai upayan untuk mengembangkan industri hujau di sektor tektil dan anaka di kota malang.

Dalam proses produksi eco print ini, industri tersebut menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sunber daya secara berkelanjutan. Yakni memanfaatkan dedaunan yang diolah dengan campuhan bahan lain seperti tawas, cuka, dan karat dalam pengaplikasiann, untuk menghadilkan karya kain bercorak yang tak kalah dengan kain batik.

Selain itu, pelatihan ini dilaksanakan mengingat besarnya peluang pasar untuk indsutri hijau dari sektor tektil dan aneka.

Sementara itu, salah satu peserta mengaku banyak mendapatkan pemahanan terkait teknik eco print. Ia pun berniat mengembangkan tekni tersebut dalan industri yang saat ini ia geluti yakni produksi batik.

Hanya saja ia membeberkan beberapa kelemahand ari tekni eco print ini yakni masih sulitnya didapat beberapa bahan baku dedauanan khusus yang harus didapatkan dari daerah lain jika ingin di apilkasikan di dunia usaha.

Pelatihan yang diikuti 30 pelaku ikm inis endiri berlangsung selama tiga hari. Dengan adanya pelatihan ini, indsutri hijau dari sektor tektil dan anekan bisa berkembang pesat di kota malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

92 − = 90