Beranda Berita PDAM Berencana Manfaatkan Air Permukaan Sungai Rolak Untuk Penuhi Kebutuhan Air...

PDAM Berencana Manfaatkan Air Permukaan Sungai Rolak Untuk Penuhi Kebutuhan Air Di Kota Malang

49
0

PDAM Berencana Manfaatkan Air Permukaan Sungai Rolak Untuk Penuhi Kebutuhan Air Di Kota Malang

Terus menurunnya debit air sumber air wendit, membuat p-d-a-m kota malang berencana akan memanfaatkan air permukaan dari sungai rolak. Dalam waktu dekat akan dilakukan kajian d-e-d terkait pemanfaatan air permukaan sungai rolak. Sementara pemanfaatan air permukaan dianggap wajar oleh pihak jasa tirta satu ditengah makin tingginya kebutuhan masyrakat akan air bersih.

Perusahaan daerah air minum atau p-d-a-m kota malang, akan melakukan pemanfaatan air sungai untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di kota malang. Meskipun tergolong proyek besar, pemanfaatan air sungai menjadi keniscayaan akibat minimnya ketersediaan sumber air di kota malang.

Salah satu sungai yang akan diproyeksikan adalah sungai amprong atau sungai rolak yang berada di kawasan kecamatan kedungkandang. Keberadaan sungai ini dianggap layak dan paling bisa dimanfaatkan, baik dari segi ekonomi maupun kualitas airnya.

Menurut direktur utama P-D-A-M Kota Malang, M-Nor Muhlas mengatakan, P-D-A-M akan segera melakukan kajian detail engineering desain atau D-E-D terkait pemanfaatan air permukaan atau air sungai tersebut.

Terlebih lagi, menurutnya, rencana pemanfaatan air sungai sangat dibutuhkan. Pasalnya, kebutuhan air bersih di kota malang semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan penduduk.

Ia menambahkan, sebanyak 80 persen kebutuhan air di kota malang masih memanfaatkan sumber mata air wendit, kecamatan pakis, kabupaten malang. Oleh karena itu, perlu ada alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga khususnya bagi warga kota malang.

Sementara itu, direktur perum jasa tirta satu, raymond valiand ruritan, menganggap bahwa pemanfaatan air permukaan sudah menjadi keniscayaan dan kewajaran ditengah tingginya kebutuhan air bersih di kota malang.

Pihaknya juga menyambut baik jika pemkot malang akan memanfaatkan air permukaan. Namun sejauh ini, belum ada komunikasi dari pihak pemkot untuk memanfaatkan air permukaan.

Raymon juga mengahrapkan, pihak pemkot malang bnsia lebih dulu melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat kota malang terkait rencana pemanfaatan air permukaan agar tidak sampai timbul permasalah di kemudian hari.

Raymond menambahkan, bahwa pihaknya berharap pemkot malang bsia segera menyelsaikan permasalah sumber mata air wendit dengan pihak kabupaten malang, agar suplai air bersih di kota malang bisa terus berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 5 = 3