Pasien Positif Covid-19 di Kota Blitar Merangkak Naik

Blitar – Mendekati akhir bulan Agustus, pasien positif Covid-19 di Kota Blitar mulai merangkak naik. Berdasarkan data situasi harian dari Dinas Kesehatan setempat, setiap hari terus ada penambahan pasien terkonfirmasi positif.

Untuk kali ini, sesuai peta sebaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 pada Minggu (30/08/2020) pagi, terdapat penambahan kasus baru sebanyak tujuh orang.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Blitar, dr. M. Muchlis, MMRS mengatakan hasil penelusuran, ketujuh pasien tersebut dinyatakan confirm karena mereka merupakan pasien yang kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Sehingga setelah dilakukan swab test, rata – rata semua pasien terpapar.

“Tambahan kasus baru kali ini didominasi akibat kontak erat dengan pasien sebelumnya, seperti perempuan berusia 12 tahun dari Kelurahan Gedog yang positif karena pernah kontak erat. Jadi saat ini yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah,” tuturnya.

Pasien selanjutnya ada tiga orang dari Kelurahan Sukorejo yang memiliki riwayat sama dan ketiganya menjalani observasi di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kota Blitar. Rinciannya ada perempuan 16 tahun, 55 tahun dan seorang laki – laki 21 tahun.

“Terakhir sebanyak tiga orang dari Kelurahan Tlumpu, satu diantaranya seorang tenaga kesehatan berusia 34 tahun dan kini masih isolasi di Rumah Sakit darurat setempat. Berikutnya ada laki – laki 10 tahun dan perempuan 34 tahun. Kini keduanya isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Ia menambahkan adanya lonjakan itu, jumlah komulatif pasien Covid-19 sebanyak 125 orang. Dengan rincian, 91 orang sembuh, 6 orang meninggal dunia, 11 orang isolasi mandiri dan menjalani observasi di Rumah Sakit 17 orang. (SK)