Beranda Berita Panwaslu Tertibkan Apk Di Angkutan Umum

Panwaslu Tertibkan Apk Di Angkutan Umum

123
0

Panitia Pengawas Pemilu, Panwaslu, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai menertibkan alat peraga kampanye, A-P-K, yang terpasang di angkutan umum di Kota Pekalongan. Penertiban ini dilakukan sesuai aturan badan Pengawas Pemilu, Bawaslu, tentang larangan pemasangan A-P-K di angkutan umum atau angkutan publik.

Mulai 9 januari 2019, Panitia Pengawas Pemilu, Panwaslu, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye, A-P-K, di Kota Pekalongan, khususnya A-P-K yang terpasang di angkutan umum seperti bus dan angkutan kota. Lokasi penertiban alat peraga kampanye A-P-K tersebar di beberapa titik. Seperti pangkalan angkutan kota, terminal, dan di lokasi keramaian. A-P-K yang dicopot ini meliputi gambar pasangan calon presiden-wakil presiden, calon anggota D-P-R-R-I, D-P-R-D Provinsi, maupun D-P-R-D Kabupaten-Kota.

Penertiban dilakukan oleh anggota panwas dibantu oleh Satpol PP, anggota kepolisian, dan dinas perhubungan. Penertiban dilakukan karena yang diperbolehkan memasang A-P-K atau branding adalah mobil pribadi calon legislatif baik D-P-R-D maupun D-P-R-R-I. Pemasangan A-P-K juga tidak diperkenankan saat memasuki hari tenang.

Pemasangan A-P-K oleh tim sukses maupun caleg di mobil angkutan umum marak dilakukan. A-P-K ini dinilai efektif, karena dapat dengan mudah dilihat oleh masyarakat. Pemasangan A-P-K jenis ini umumnya menggunakan sistem bayar putus ataupun pembayaran per tiga bulan.

Pihak panwas menegaskan akan terus melakukan penertiban A-P-K yang terpasang di angkutan umum, hingga tiba masa tenang. Hal ini dilakukan agar kampanye melalui media luar ruang bisa tertib dan tidak melanggar aturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

33 − 25 =