Pandemi Corona Menginspirasi Pelukis Di Tulungagung

377

Pandemi Corona Menginspirasi Pelukis Di Tulungagung

Pandemik corona yang sedang terjadi saat ini, menjadi inspirasi bagi seorang pelukis asal Tulungagung. Upaya untuk mengatasi virus tersebut, serta berbagai dampak sosial yang terjadi di masyarakat, dituangkan ke dalam lima karya lukisnya. Salah satu karyanya bertajuk white heroes, yang menggambarkan upaya tim medis melawan corona, sedangkan super hero yang lain tidak dapat berbuat banyak.

Lukisan bertajuk white heroes ini merupakan karya Rudi Dandik, seorang pelukis asal Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan media kanvas dan cat akrilik, pria yang akrab dipanggil Dandik ini, menggambarkan penanganan virus corona yang mewabah di berbagai negara.  Dalam lukisan tersebut terlihat bagaimana upaya tim medis untuk melawan virua corona, yang digambarkan bagai gurita raksasa. Sedangkan super hero lain yang sudah banyak dikenal masyarakat, hanya bisa melihat dari atas gedung dan tidak bisa berbuat banyak.

Lukisan ini merupakan bentuk apresiasi Dandik, terhadap tenaga medis yang saat ini menjadi garda terdepan, dalam upaya penanganan covid 19. Selain itu tergambar juga kepanikan masyarakat di antara tenaga medis yang berjuang. Kondisi ini menggambarkan situasi pandemik corona yang saat ini serang terjadi.

Terdapat lima karya lukisan yang telah dibuat oleh dandik selama musim pandemik corona. Kelima lukisan tersebut saling berkaitan dengan situasi saat ini. Selain lukisan warung yang tutup, terdapat juga lukisan ikan yang berusaha keluar dari jaring. Lukisan tersebut menggambarkan usaha masyarakat untuk bersama keluar dari serangan virus ini. Lukisan ini rencananya akan dijual dan hasilnya akan didonasikan untuk penanganan virus corona di indonesia.

Hingga saat ini jumlah pasien positif corona di Indonesia terus bertambah. Pemerintah berusaha mengembalikan kondisi perekonomian, dengan penerapan new normal.