Pamekasan – Akibat 120 Bidan Positif Covid-19, Kantor IBI Pamekasan Disulap Jadi Tempat Persalinan

159

Pamekasan – Banyaknya bidan di tingkat kecamatan dan desa yang terkomfirmasi positif Covid-19, kantor Ikatan Bidan Indonesia Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menyulap jadi tempat persalinan orang melahirkan yang terpapar Covid-19.

Langkah ini harus terlaksana karena banyaknya bidan di tingkat kecamatan dan desa yang terpapar Covid-19 . Hal ini juga bertujuan agar warga yang hendak melahirkan secara normal bisa tertolong dengan cepat hingga persalinannya selesai.

Kantor Ikatan Bidan Indonesia atau IBI cabang Pamekasan yang berada di Desa Budagan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan Madura, Jawa Timur, tersulap  menjadi  tempat persalinan orang melahirkan normal terpapar Covid-19, namun yang tidak memiliki gejala berat.

Tempat orang melahirkan secara normal ini ada 10 bed, yang terbagi menjadi beberapa tempat. Dua di antaranya jadi ruang unit gawat darurat, dua ruang persalinan, lima ruang nifas, dan satu ruang observasi. Perlengkapan alat dan lainya di ruang ini, seperti inkubator, tabung oksigen, serta timbangan sudah cukup lengkap dan memadai.

Langkah  IBI  Pamekasan menyulap kantornya jadi tempat persalinan selama pandemi Covid-19 ini karena banyaknya bidan di tingkat kecamatan maupun desa yang terkonfirmasi postif Covid-19. Mereka tidak bisa melayani persalinan di tempat praktik karena menjalani isoma, sehingga warga yang hendak melahirkan bisa tertolong. Sampai persalinannya selesai.

Sementara, untuk seluruh peralatan dan perlengkapan di kantor Ikatan Bidan Indonesia cabang Pamekasan ini merupakan milik kantor  IBI  sendiri. Belum ada bantuan atau pengadaan barang dari siapapun, termasuk pemerintah terkait.  (ry)