Nganjuk – Tim Gabungan Pemkab Nganjuk Sidak Sejumlah Apotek

162

Nganjuk – Menjamin ketersediaan obat, tim gabungan Forkopimda Kabupaten Nganjuk, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah apotek di Kabupaten Nganjuk. Selain mengecek stok ketersediaan obat untuk masyarakat, petugas juga memeriksa harga eceran terendah obat yang diperjualbelikan di apotek. Selain itu, petugas gabungan juga mengecek ketersediaan dan harga oksigen yang kini semakin menipis.

Untuk menjamin kestabilan harga obat, tim gabungan pemerintah Kabupaten Nganjuk melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah apotek di Kabupaten Nganjuk. Sidak ini terlaksana oleh tim gabungan Pemkab Nganjuk. Hal ini untuk memastikan ketersediaan dan harga eceran tertinggi untuk obat pereda gejala Covid-19 masih stabil. Selain obat-obatan, petugas gabungan juga memeriksa ketersediaan tabung oksigen di setiap apotek.

Tim gabungan sidak terdiri dari Dinas Kesehatan Nganjuk, Disperindag Nganjuk, TNI, Polri, Kejaksaan, dan Satpol-PP Nganjuk. Tim langsung menuju apotek-apotek yang ramai masyarakat kunjungi. Mulai dari Apotek Anjuk Ladang Kecamatan Nganjuk, Apotek Sedudo Kecamatan Berbek, dan sejumlah apotek lain di Kecamatan Tanjunganom dan Kecamatan Kertosono.

Erik Sulistyorini, Kasi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, menjelaskan, hasil sidak sementara dari sebelas obat yang masuk kategori pereda gejala Covid-19, saat ini sudah tidak tersedia di sejumlah apotek. Meski ketersediaan obat pereda gejala Covid-19 mengalami kekosongan, namun untuk stok vitamin dan suplemen masih relatif aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Lilis Mulyati, selaku pengelola Apotek Sedudo mengaku, usai PPKM Darurat berlaku, warga masyarakat mulai  memburu obat pereda gejala Covid-19 serta vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena hal tersebut, sejak pagi hingga sore hari, antrian pengunjung apotek tak terhindarkan.

Menyikapi banyaknya penumpukan pembeli, tim gabungan mengimbau agar pengelola tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sementara itu, para pengunjung apotek mendapat imbauan untuk menjaga jarak dan antrian di apotek. (sh)