NGANJUK – Puluhan Ribu Karyawan Dan Thl Di Nganjuk Bakal Terima Subsidi Tunai Dari Kemenaker

NGANJUK – Puluhan Ribu Karyawan Dan Thl Di Nganjuk Bakal Terima Subsidi Tunai Dari Kemenaker

RI Pada bulan september nanti,puluhan ribu karyawan pekerja swasta dan tenaga harian lepas di kabupaten nganjuk,akan menerima subsidi tunai dari kementrian pekerjaan RI. ketentuan penerima subsidi adalah ,peserta bpjs tenaga kerja yang masih aktif, dengan upah di bawah 5 juta perbulan.

subsidi pekerja terdampak covid 19 ini,akan direalisasikan ke seluruh indonesia pada bulan september nanti. Pemerintah melalui, kementerian ketenagakerjaan akan memberikan subsidi kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di bpjs ketenagakerjaan. ketentuan penerima subsidi adalah ,peserta badan jaminan sosial ketenagakerjaan yang masih aktif, dengan upah di bawah rp5 juta per bulan berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat pada bp jamsostek.

Di kabupaten nganjuk,tercatat sebanyak 18 ribu karyawan pekerja swasta dan 7 ribu tenaga harian lepas ,nantinya akan menerima manfaat dari subsidi ini. subsidi pekerja terdampak covid 19 ini,rencananya akan direalisasikan ke seluruh indonesia pada bulan september mendatangkan. Subsidi gaji ini, diberikan kepada pekerja formal atau buruh sebesar rp 600.000 per bulan selama empat bulan ,sehingga total menjadi rp 2,4 juta per orang.sedangkan untuk teknis pencairan bantuan ,dilakukan dalam dua tahap dan disalurkan setiap dua bulan sekali melalui rekening bank.

Dodo suharto, deputi direktur bp jamsostek wilayah jawa timur menjelaskan,di provinsi jawa timur tercatat kurang lebih sebanyak 2.48 juta pekerja yang terdaftar di jamsostek yang akan menerima subsidi ini.sementara, untuk mendukung program subsidi upah ini, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan kadisnaker provinsi dan kabupaten, kota,apindo, serikat pekerja , serikat buruh, forum hrd dan pihak-pihak yang terkait di jawa timur dalam pengumpulan rekening pekerja. Sementara itu,agus frihannedy ,kepala dinas tenaga kerja koperasi dan usaha mikro kabupaten nganjuk mengaku,saat ini proses pengumpulan data rekening para pekerja masih terus berjalan dengan menggunakan dua sistem online dan manual.

Dalam acara forum group discussion,bpjs ketenagakerjaan wilayah jawa timur juga memberikan bantuan sosial berupa 5000 masker dan 10 sprayer elektrik kepada pemerintah kabupaten nganjuk.tak hanya itu, bpjs ketenagakerjaan memberikan santunan jaminan kematian kepada dua warga di kabupaten nganjuk.