fbpx
Connect with us

Berita

NGANJUK – Mengenal tanaman porang serta budidayanya yang menjanjikan keuntungan besar

Diterbitkan

pada

NGANJUK – Mengenal Tanaman Porang Serta Budidayanya Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Taukah anda tau tentang tanaman porang, tanaman yang seperti umbi umbian tersebut tumbuh subur dan di budidayakan oleh warga Rejoso Kabupaten Nganjuk, budidaya porang sungguh sangat menjanjikan serta menggiurkan,porang merupakan tanaman sebagai bahan baku makanan orang Jepang maupun taiwan, selain itu porang juga dapat di gunakan sebagai bahan baku kosmetik.

taukah anda tentang tanaman porang yang seperti umbi umbian, porang merupakan tanaman sebagai bahan baku makanan orang jepang maupun taiwan, selain itu porang juga dapat di gunakan sebagai bahan baku kosmetik.

Tanaman porang tumbuh subur di wilayah kecamatan rejoso kabupaten nganjuk jawa timur,

Budidaya porang yang dilakukan warga wilayah kecamatan rejoso, memang sangat menjanjikan serta keuntungan yang menggiurkan.

Selain budidayanya yang relatib gampang didukung dengan unsur tanahnya yang subur dan cocok di tanami porang, petani pinggiran hutan memanfaatkan lahan di bawah tegakan di wilayah hutan sebagai lahan tanam porang.

Dalam 1 hektar lahan, petani bisa memanen 4 ton porang, dengan harga 13.700 rupiah per kilogram, dari hasil panen itu, petani dapat meraup keuntungan 60 persen dari harga jual.

Sementara itu para petani di pinggiran hutan rata rata memiliki  3 hingga 4 hektar lahan, dudung kuswanto, petani porang,  warga desa bendoasri, kecamatan rejoso, kabupaten nganjuk, ia memiliki lahan di bawah tegakan seluas 4 hektar, seluruh lahannya ditanami porang.

Ia mengaku mulai menanam porang sejak tahun 2013, ditahun 2020 ini, ia telah memanen porangnya sebanyak 5 kali.

Karena penanaman porang hanya membutuhkan pemupukan saja, dalam setiap tahunnya ia dapat meraup keuntungan 60 persen dari hasil panen.

Untuk penjualan porang, ia tidak merasa kesulitan, karena pembeli datang sendiri ke rumahnya.

Dudung berharap kepada pemerintah daerah, supaya dapat memproduksi sendiri porang yang di hasilkan petani, karena daerahnya merupakan sentra penghasil porang, yang dimungkinkan akan mencukupi kebutuhan pabrik.

download madu tv di playstore

Radio MDSFM

Madu TV Channel

URL yang sah tidak diberikan.

Linked Media

%d blogger menyukai ini: