Connect with us
berkat ramadhan luv

Berita

Nganjuk – Masih Pandemi Covid 19 Lingkungan Makam Pahlawan Buruh Marsinah Sepi Peziarah

Diterbitkan

pada

Nganjuk – Masih Pandemi Covid 19 Lingkungan Makam Pahlawan Buruh Marsinah Sepi Peziarah

May Day atau Hari Buruh Internasional yang biasa di peringati dengan berziarah ke makam Marsinah oleh para buruh. Tahun ini masih sama dengan tahun 2020 lalu. Pada tahun ini, suasana makam Marsinah asal Kabupaten Nganjuk ini masih terlihat sepi. Sejak pagi hingga siang hari, hanya sejumlah rombongan serikat buruh dari Mojokerto yang datang, namun hanya berdoa di balai desa setempat.

Karena pandemi covid 19 yang masih mengancam hingga saat ini. Suasana peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional di makam pejuang buruh Marsinah, di desa Nglundo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk, masih terlihat sepi peziarah. Hingga siang hari, hanya ada sejumlah perwakilan aktivis buruh, dari federasi serikat rakyat pekerja (FSRP) dari Mojokerto yang datang berziarah.

Karena ada pembatasan prokes yang ketat, sejumlah aktivis buruh itupun hanya mengirim perwakilan untuk berdoa di makam Marsinah. Sementara sejumlah aktivis buruh lainya berdoa di balai desa setempat.

Ketua Umum Frsp Mojokerto, Jonathan, mengatakan, meskipun Marsinah pada saat itu tidak masuk dalam kepengurusan. Marsinah gigih memperjuangkan nasib sesama pekerja. Sehingga, dari perjuangan tersebut dapat mendorong pemerintah untuk merubah peraturan yang perusahaan buat. Seperti, bekerja 12 jam menjadi 8 jam, dan upah yang sedikit pun ada perubahan yang lebih pantas. Pada momen hari buruh ini, FRSP berharap agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan buruh dan segera mencabut omnibus law.

Eko Fitri Pujiarto, sekretaris Desa Nglundo, menyampaikan larangan ziarah ke makam Marzinah. Larngan itu untuk sementara waktu, karena covid 19 belum berakhir. Pemerintah desa melarang kepada para aktivis buruh yang datang dari luar kota. Namun, karena puluhan buruh tersebut terlanjur datang, maka pihak pemerintah desa menerima dengan baik dengan tetap menjalankan prokes ketat. Harapannya kepada para buruh tidak perlu datang berziarah ke makam marsinah. Sehingga cukup mendoakan dari rumah, hal ini untuk mencegah penyebaran covid 19.

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

space-iklan-300x250

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: