fbpx
Connect with us

Berita

Nganjuk – Bertahun Tahun Saluran Air Ambrol Dikeluhkan Warga

Diterbitkan

pada

Nganjuk – Bertahun Tahun Saluran Air Ambrol Dikeluhkan Warga

Sebuah dam saluran air di nganjuk yang ambrol sekitar tiga tahun lalu, hingga saat ini belum juga ada perbaikan. Akibatnya, pasokan air dari Waduk Kedung Brubus ke ratusan hektar lahan pertanian menjadi tersendat. Anggota komisi III DPRD Kabupaten Nganjuk saat sidak di lokasi ambrolnya saluran air Desa Ketandan, pihaknya akan segera menyampaikan terkait kerusakan saluran air tersebut ke dinas terkait yakni dinas PUPR Kabupaten Nganjuk.

Kondisi saluran air atau dam di Desa Ketandan, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Saluran air tepat dibawah Waduk Kedungbrubus, dengan lebar 22 meter dan panjang 100 meter ini, mengalami ambrol sejak tahun 2017 lalu. Ada dua titik yang ambrol dengan kedalaman sekitar 3 meter pada permukaan saluran. Hingga kini, ambrolnya saluran air tersebut belum ada sentuhan perbaikan sama sekali dari dinas terkait.

Keberadaan saluran air atau dam tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama para kaum petani di wilayah Kecamatan Lengkong. Ada ratusan hektar lahan pertanian di 13 desa menggantungkan air dari saluran ini. Akibat kerusakan yang terjadi, pasokan air ke lahan pertanian pun terhambat, bahkan berkurang sejak awal terjadi kerusakan.

Anggota komisi III DPRD Kabupaten Nganjuk M. Fauzi Irwana saat sidak di lokasi ambrolnya saluran air Desa Ketandan mengatakan, menindak lanjuti keluhan para petani, pihaknya akan segera menyampaikan terkait kerusakan saluran air tersebut ke dinas terkait yakni dinas PUPR Kabupaten Nganjuk. Sebelumnya, kepala dinas PUPR juga telah melakukan cek secara langsung kerusakan yang terjadi, namun sampai saat ini juga belum dilakukan perbaikan.

Kini para petani di 13 desa wilayah Kecamatan Lengkong, sangat mengharapkan perbaikan saluran air tersebut. Hal itu agar pasokan air dari Waduk Sumber Kepuh ke lahan pertanian petan tidak mengalami kendala seperti saat ini.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: