Beranda Berita MUSIM KEMARAU, RIBUAN WARGA MENDERITA PENYAKIT ISPA

MUSIM KEMARAU, RIBUAN WARGA MENDERITA PENYAKIT ISPA

35
0

Januari hingga September ini, ribuan warga Kabupaten Blitar menderita penyakit saluran pernafasan akut atau ISPA. Ribuan penderita ISPA terjadi, akibat musim kemarau panjang yang terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Ribuan pasien tersebut, tersebar di beberapa Puskesmas serta rumah sakit di Kabupaten Blitar.

Musim kemarau panjang dan cuaca ekstrim yang terjadi di sebagian wilayah di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Blitar, mengakibatkan ribuan warga terserang penyakit saluran pernafasan akut atau ISPA. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, jumlah penderita infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA sebanyak 63 ribu lebih. Jumlah sebanyak itu tersebar merata di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar.

Kasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Eko Wahyudi mengatakan, mulai Januari hingga September, tercatat 63.863 warga yang terserang ISPA. ISPA tersebut menyerang semua umur, mulai usia 5 tahun hingga orang dewasa. Faktor penyebab terjadinya penyakit Ispa tersebut, akibat polusi udara yang terjadi akibat musim kemarau panjang dan kebakaran hutan yang terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 5 =