Beranda Berita MUI KOTA PROBOLINGGO SERTIFIKASI TENAGA PEMOTONG UNGGAS

MUI KOTA PROBOLINGGO SERTIFIKASI TENAGA PEMOTONG UNGGAS

25
0

Mendapat banyaknya laporan masyarakat yang khawatir terhadap cara penyembelihan unggas, MUI Kota Probolinggo Jawa Timur melakukan sosialisasi penyembelihan unggas sesuai Syari’at Islam, yang menggandeng dinas pertanian dan ketahanan pangan, agar binatang yang disembelih pelaku usaha peternak unggas, benar-benar terjamin mutu dan kehalalannya, tenaga pemotong unggas ini nantinya akan disertifikasi mui, setelah mendapat pendampingan tata cara penyembelihan yang baik, sehat, dan sah secara Syari’at Islam.

Lebih dari 40 pelaku usaha peternak ayam dan bebek se-Kota Probolinggo Jawa Timur, selasa siang mengikuti sosialisasi tata cara penyembelihan binatang unggas yang sesuai Syari’at Islam, di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Probolinggo.

Sosialisasi tersebut diinisiasi dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo, setelah mendapat laporan masyarakat yang khawatir dengan banyaknya daging ayam di jual di pasaran dengan penyembelihan sembarangan.

Para pelaku usaha peternakan unggas mendapat pendampingan dari dokter hewan dinas pertanian dan ketahanan pangan, serta bimbingan hukum syari’at islam tentang tata cara penyembelihan unggas yang baik dan benar, dari komisi dakwah MUI Kota Probolinggo.

Ketua MUI Kota Probolinggo, Kiai Haji Nizar Irsyad, menjelaskan pihaknya bersama-sama dinas pertanian dan ketahanan pangan, masih menemukan daging ayam yang dijual pedagang di pasar, kurang sesuai tata cara penyembelihannya, bahkan ketua MUI itu menyebutkan, jika masih saja ditemukan ayam tiren (mati kemarin) tetap di jual, padahal sudah jelas melanggar ketentuan hukum dan Syari’at Islam.

Kiai Nizar Irsyad menyayangkan tindakan pihak berwenang, yang tidak memberikan sanksi tegas kepada para pelanggar hak konsumen ini, dan hanya sebatas pembinaan yang tidak memberikan efek jera bagi para pengusaha kotor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 87 = 96